Beri Tebakan saat Operasi Pasar, Menteri Pertanian dan Gus Ipul Beri Pedagang Satu Sak Bawang Putih

19 May 2017 12:47 Jawa Timur

Kementerian Pertanian bersama Kementerian Perdagangan dan Perum Bulog menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Induk Osowilangun (PIOS).

Operasi pasar kali ini dibuka langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman serta Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Jumat 19 April 2017.

Sebanyak enam kontainer bawang putih didatangkan dan dijual di dalam PIOS.  Ada tiga jenis bawang yang kali ini dijual yakni bawang putih dari Cina dibanderol Rp23 ribu per kilogram atau Rp460 ribu per sak.

Kemudian bawang putih dari India jenis super dijual Rp15 ribu per kilogram atau Rp300 ribu per sak; dan Bawang India kualitas biasa dijual Rp10 ribu per kilometer dan Rp200 ribu per sak.

"Kami sudah ketemu para importir dan mereka menjual bawang putih Rp23 ribu. Dan kali ini kami melakukan operasi pasar untuk menekan harga di pasaran," kata Amran.

Amran yakin, harga bawang putih di pasaran segera turun dan terjangkau. Dia mencontohkan, jika dua hari lalu harga bawang putih masih mencapai Rp50 ribu; maka kemarin sudah turun menjadi Rp25 ribu dan hari ini sudah di bawah Rp23 ribu perkilogramnya.

Sementara itu, Gus Ipul mengatakan saat ini stok pangan di Jawa Timur dalam kondisi aman sehingga masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi puasa dan lebaran. "Stok aman, jadi masyarakat jangan kawatir. Pemerintah juga terus memantau agar harga stabil," ujarnya.

Dalam kesempatan operasi pasar kali ini, Amran sempat memberikan beberapa tebakan kepada para calon pembeli. "Ayo siapa yang kenal namanya Pak Wagub (Jatim). Yang bisa menjawab akan kami beri bawang satu sak," kata Amran.

Karena banyak orang bisa menjawab, Amran lantas minta Gus Ipul untuk memberikan satu sak bawang putih kepada para warga ini. (wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini