Beri Penjelasan Soal Cadar Hingga Jenggot, Krishna Murti Banjir Pujian Netizen

15 May 2018 17:08 Human Interest

Ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Jawa Timur dalam dua hari belakangan, sangat menyita perhatian publik. Pelaku yang juga terduga teroris ini adalah anggota Jamaah Ansharut Daullah (JAD) yang merupakan sel-sel pendukung ISIS.

Namun tak sedikit orang juga berpendapat kejadian ini dikait-kaitkan dengan sentimen negatif terhadap toleransi di Indonesia. Artinya di balik kejahatan itu orang mengaitkan dengan agama Islam. Karena pelakunya selalu memakai cadar kalau perempuan, dan berjenggot kalau laki-laki.

Namun hal ini dibantah oleh Brigjen Pol Krishna Murti, Kepala Biro Misi Internasional Hubungan Internasional Mabes Polri Dalam akun instagramnya tokoh di balik pengungkapan kasus bom Thamrin, Jakarta tahun 2016 lalu menjelaskan secara lugas bahwa menilai seseorang itu jangan dari penampilan semata saja.

"Saya mau kasih tau semua warga masyarakat:

1. Wanita menutup aurat dg jilbab ataupun bercadar itu adalah pilihan berdasarkan keyakinan masing2.. Jadi jangan kalian cap mereka dg label tidak baik. Menutup aurat adalah kewajiban yang diajarkan nabi..

2. Laki2 yang berjenggot adalah Sunnah Rasul. Jangan kalian label mereka dengan hal2 tidak baik… Semua kembali kepada keyakinan masing2..

3. Laki2 bercelana diatas mata kaki, bukanlah identik dengan kaum radikal. Dalam Islam kita diajarkan untuk tidak menggunakan celana yang menyapu lantai. Dalam Shalat kita diajarkan untuk menaikan celana diatas mata kaki agar diterima Shalat kita..

4. Jangan label orang karena penampilan. Dan jangan juga menyembunyikan kejahatan dengan penampilan..

5. Banyak pelaku kejahatan bersembunyi dibalik pakaian bagus, dibalik batik, dibalik jas, dibalik seragam, dibalik perilaku manis..

6. Kita perang terhadap kejahatan, bukan perang terhadap manusia…
Semoga ini mencerahkan dan menghindarkan kita dari syak wasangka satu sama lain…," tulisnya.

Postingan Krishna ini pun mendapat apresiasi dari netizen yang melihatnya. Bahkan ada netizen yang mengatakan jika Krishna menjadi Kapolri selanjutnya.

@rizkapurnamasari46: "Anda luar biasa om @krishnamurti_91,"

@ukhti_na5: "Setuju pak. Jd tolong untk semua jangan pandang kami dengan pandangan penuh ketakutan, jangan tuduh kami para akhwat bercdr sbg teroris. Memang sama sama brcdr,tp manhaj dan pemahaman kami berbeda. Kami hanya ingin ittiba, mengikuti sunnah Rasulullah ﷺ sesuai dengan pemahaman salafush shalih. Semoga Allah ﷻ melindungi negara ini. Aamiin,"

@mohamedrezza: "Masyaallah mantap sekali renungan #22menit nya pak krisna andalan gue, Semoga sehat selalu dan diberikan kelancaran dalam menumpas kejahatan di indonesia pak. Amin..."

@luckyredika: "Next jdi kapolri aja cocok pak @krishnamurti_91 harus netral membela rakyat bukn pemerintah!!!!"

@megamfatima: "Nah Alhamdulillah, ada juga anggota yang pemikiran seperti ini.. tapi yaa ttp aja cadar dan jenggot masih jadi stigma negatif di masyarakat.. sedih yaa Indonesia negara mayoritas muslim tapi muslim nya masih sering dinilai negatif, bahkan sesama muslim saling mencela dan saling mencurigai.." (*)

Reporter/Penulis : Amanah Nur Asiah


Bagikan artikel ini