Ilustrasi Henderson mengangkat piala liga primer inggris. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Berhasil Antar Liverpool Juara, Henderson Nyaris Dijual

Liga Inggris 26 June 2020 13:39 WIB

Liverpool akhirnya pecah telor untuk menjadi juara Liga Inggris. Bagaimana tidak, tim Bangau sudah menunggu 30 tahun lebih untuk mengangkat trofi Liga Inggris. Terakhir, mereka juara pada tahun 1989/1990. 3 tahun sebelum format Liga Primer Inggris terbentuk.

Dibalik aksi heroik anak asuh Jurgen Klopp musim ini, ada cerita menarik dari sang kapten Jordan Henderson. Sebelum dia mengantar Liverpool juara pada musim ini, dia nyaris didepak 8 tahun lalu. Tepatnya di awal musim 2012/2013.

Henderson menyandang ban kapten sejak musim 2016, sepeninggal Steven Gerrard yang hijrah ke Liga Amerika Serikat. Dia didatangkan oleh Liverpool musim 2011/2012 dari Sunderland dengan mahar 18 Juta Euro.

Saat merapat ke Anfield, Henderson merupakan pemuda yang digadang oleh pelatih Liverpool saat itu, Kenny Dalglish untuk bisa menjadi pelapis dan pengganti Gerrard yang sudah mulai menua.

Namun sayang selepas kepergian Dalglish, Henderson bukannya semakin baik namun dia hampir saja terbuang. Menurut pengakuannya pada musim 2018, manajer baru Liverpool Brendan Rodgers, tak memasukan dirinya dalam rencana jangka panjang tim liverpool yang sedang dibangun.

Bahkan Rodgers secara khusus memanggil Henderson, untuk menjelaskan adanya penawaran dari klub lain. Dia ingin menjual sang pemain yang baru saja semusim berseragam Liverpool.

"Mendengar hal itu saya pergi dan menangis. Keputusan ini sangat menyakitkan. Setelah kejadian ini saya hanya bisa menundukkan kepala dan diam," kata Henderson.

Setelah kejadian tersebut, Henderson mengaku langsung berkomunikasi dengan ayahnya dan agennya bahwa ia tak ingin angkat kaki dari Anfield. Dia ingin membuktikan diri lebih dulu ke Rodgers, kalau dirinya bisa menjadi pemain kunci.

Menurut pengakuan Henderson, sejak pertama kali dia berseragam Liverpool, tak ada niatan dirinya untuk sekalipun hengkang dari Anfield. Meskipun kritik dan cemoohan datang ke dirinya.

"Dalam sepakbola, selalu ada momen yang membuatmu terjatuh. Kritik dari orang akan selalu membuat saya berkembang. Meskipun jatuh, tak ada pilihan untuk meninggalkan Liverpool," kata pemain berusia 30 tahun itu.

Setelah 8 tahun berlalu sejak kejadian itu, Henderson tetap menjadi pilihan utama di Liverpool. Malahan, Brendan Rodgers yang akhirnya didepak dari Anfield.

Bersama Jurgen Klopp, Henderson berubah jadi sosok utama permainan Liverpool. Ban kapten tak pernah lepas dari lengannya kecuali ia cidera ataupun diistirahatkan. Dia juga mengantar Liverpool juara Liga Champions musim lalu.

Pemain yang hampir terbuang itu kini sudah catatkan 361 laga untuk Liverpool. Tak lupa 28 gol dan 50 asis sudah ia persembahkan untuk The Kop. Kini, Henderson berhasil mengantarkan Liverpool juara sebagai kapten. Mengalahkan Gerrard, Sami Hyppia, hingga Ian Rush.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...