KERJA KERAS: Tim robot Universitas Muhammadiyah Malang. (foto: ist)
KERJA KERAS: Tim robot Universitas Muhammadiyah Malang. (foto: ist)

Berhak Wakili Indonesia ke Amerika, Begini Perjuangan Tim Robot UMM

Ngopibareng.id Khazanah 14 July 2018 13:26 WIB
"Dari UMM hanya mengirimkan satu tim saja, kemenangan ini menjadi sangat berarti,” ujar Alfan Achmadillah Fauzi.

 

Pertandingan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yang dilaksanakan di Gedung Sprotorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah berakhir pada, Jumat  17 Juli. Robot pemadam api berkaki dengan nama DOME asal Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) keluar sebagai juara setelah mengungguli 20 tim lainnya.

Dalam kompetisi yang digelar selama dua hari yakni, Kamis dan Jumat,  12-13 Juli,  UMM berhasil menunjukkan kualitas yang sangat mengagumkan. Setelah berhasil menjadi juara untuk divisi KRPAI, tim yang digawangi Alfan Achmadillah Fauzi, Rohmansyah, dan Ken Dedes Maria Kunty merasa sangat bersyukur.

Karena UMM hanya mengirimkan satu divisi saja dari 5 kategori yang dipertandinggkan pada Kontes Robot Indonesia 2018.

“Alhamdulillah robot kami tampil sesuai dengan harapan semua pihak. Dikarenakan dari UMM hanya mengirimkan satu tim saja, kemenangan ini menjadi sangat berarti,” ujar Alfan Achmadillah Fauzi yang menjadi ketua tim DOME UMM, dalam keterangan diterima ngopibareng.id.

Kemenangan robot DOME tidak lepas dari penggunaan teknologi dan strategi yang baru dibandingkan dengan peserta lainnya. Ketika sebagian besar peserta menggunakan air untuk memadamkan target yaitu api. 

Tim asal Kota Malang memakai gas Karbon dioksida (co2) sebagai media pengganti air. Selanjutnya, Alfan dan rekan – rekannya membuat robot yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan tim lain, hal ini menjadikan pergerakan robot menjadi lebih cepat dan memiliki akurasi yang tepat.

“Robot ini sudah kami rakit sejak tahun 2016 silam, untuk itu kami selalu melakukan pembaharuan di setiap komponennya,” tambahnya.

Dengan kemenangan ini, UMM berhak kembali menjadi wakil Indonesia pada ajang Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Amerika Serikat pada tahun 2019 mendatang. Setelah berhasil menyabet medali emas pada kejuaraan yang sama di tahun 2017 lalu. (adi)

 

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Mar 2021 21:29 WIB

Stefano Lilipaly Tak Perpanjang Kontrak dengan Bali United

Liga Indonesia

Ia memutuskan hengkang dari Serdadu Tridatu

06 Mar 2021 22:45 WIB

Perserikatan BUMDes Indonesia Gandeng Swasta untuk Jatim Bangkit

Jawa Timur

Perserikatan BUMDes Indonesia (PBI) wujudkan Jatim Bangkit.

06 Mar 2021 19:55 WIB

Pasien Covid-19 di Indonesia Bertambah 5.767

Nasional

Kasus positif Covid-19 baru bertambah 5.767, total 1.373.836 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...