Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal menyerahkan trophy pada pemenang lomba memancing (foto : Hujaini/ngopinareng.id)

Berdayakan Ekonomi Nelayan, Lanal Banyuwangi Gelar Lomba Mancing

Ekonomi dan Bisnis 23 February 2020 21:15 WIB

Ada berbagai cara untuk memberdayakan konomi masyarakat di wilayah pesisir pantai.

Salah satunya dengan menggelar lomba memancing. Nelayan yang sedang libur melaut bisa menyewakan perahunya. Sementara ibu-ibunya bisa berjualan makanan untuk peserta.

Ini salah satu alasan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi menggelar lomba memancing di sekitar Pantai Boom, Banyuwangi. Bersama kelompok nelayan setempat, Lanal menggelar lomba mancing untuk umum, Minggu, 23 Februari 2020.

"Bersama nelayan dengan memanfaatkan perahu nelayan juga memberikan motivasi pada nelayan," kata Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal.

Dijelaskannya,  dengan kegiatan ini dia berharap perekonomian masyarakat khususnya masyarakat pesisir semakin meningkat. Kegiatan ini juga bisa menopang Pariwisata di Pantai Boom semakin ramai. Terbukti pedagang juga semakin ramai. Oleh karena itu, lomba memancing di kawasan pantai akan digelar secara rutin.

"Kita akan melaksanakan secara rutin, bisa dilaksanakan di Pantai Boom atau di Selat Bali," katanya.

Dia menambahkan, lomba mancing ini juga bagian dari promosi kegiatan Banyuwangi International Dragon Boat yang akan digelar pada 11 dan 12 April  2020. Untuk promosi Banyuwangi International Dragon Boat ini Lanal Banyuwangi telah menggelar berbagai kegiatan seperti bersih-bersih pantai, dan lomba dayung lokal.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Kampung Mandar, Dwi Sasongko, menyatakan, di wikayahnya ada dua kelompok nelayan yakni di Pantai Boom dan nelayan di sekitar pantai Kampung Mandar. Di Pantai Boom sendiri ada sekitar 100 nelayan.

"Kegiatan ini bisa menjadi embrio fishing festival," katanya.

Dia menyebut, dalam waktu dekat akan digelar even Fish Market Festival yang dilaksanakan Pemkab Banyuwangi. Fish Masrket Festival ini salah satu kegiatannya meliputi fishing festival di Selat Bali.

"Ini sangat menguntungkan bagi nelayan. Nelayan bisa menyewakan perahunya," katanya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 09:11 WIB

Inilah Kriteria Debitur yang Dapat Keringanan Bank

Ekonomi dan Bisnis

Siapa saja debitur yang mendapatkan keringanan akibat COVID-19?

30 Mar 2020 11:00 WIB

Permintaan Kondom Dunia Menurun Drastis Gegara Corona

Ekonomi dan Bisnis

Permintaan kondom dunia menurun, banyak perusahaan berhenti berproduksi.

27 Mar 2020 15:51 WIB

Pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta Pilih Tutup

Ekonomi dan Bisnis

Para pedagang di Pasar Beringharjo  di Yogyakarta  memilih tidak berjualan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.