Bendera 100 Meter Dibentangkan di Depan Mapolres Probolinggo

16 Aug 2019 21:00 Jawa Timur

Beragam kegiatan digelar demi menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74 tahun 2019. Salah satunya, Bendera Merah Putih berukuran panjang 100 meter dibentangkan oleh 200 personel Polres Probolinggo, Jumat sore, 16 Agustus 2019.

Sebanyak 200 polisi awalnya berbaris memanjang di halaman Mapolres yang terletak di Jalan Raya Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Mereka memegang Bendera Merah Putih yang dilipat menjadi dua.

Dipimpin Kapolres AKBP Eddwi Kurnianto diiringi lagu Berkibarlah Benderaku, para personel polisi itu kemudian membawa bendera panjang itu keluar dari halaman Mapolresta. Tepat di depan Mapolresta Bendera Merah Putih itu mereka bentangkan.

Proses pembentangan Bendera Merah Putih itu menyita perhatian para pengguna jalan Pantura Probolinggo-Situbondo. Meski sempat macet sekitar 10 menit tampak beberapa pengguna jalan antusias menyaksikan pembentangan bendera.

Bahkan tampak sebagian pengguna jalan ikut memberikan hormat saat bendera panjang itu dibentangkan mulai pintu depan Polres sebelah timur hingga pintu barat. “Wah, pengibaran bendera yang mantap penuh semangat,” ujar Andi, warga Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 Mapolres Probolinggo memang tampak dihias. Bagian depan Mapolres yang biasanya terlihat dari jalan raya, sejak beberapa hari terakhir tertutup baliho raksasa dengan gambar para pahlawan, berjajar dengan foto Kapolri, Kapolda, dan Kapolres Probolinggo.

"Ini dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Polres juga menghias begitu juga polsek-polsek jajaran juga di hias," katanya.

Bendera di Tebing
Masih di Kabupaten Probolinggo, Bendera Merah Putih dikibarkan di tebing curam juga untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI. Pemkab Probolinggo mengibarkan Bendera Merah Putih raksasa berukuran panjang 10 meter dan lebar 5 mete di tebing Kalipedati, Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jumat pagi, 16 Agustus 2019.

Bendera dikibarkan di tebing dengan ketinggian 74 meter. Para pengibar bendera adalah anggota Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Probolinggo. Pengibaran bendera dipimpin Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko.

"Selain untuk menyambut HUT Kemerdekaan yang ke-74, pengibaran bendera raksasa ini bertujuan mengenalkan salah satu objek wisata baru di Kabupaten Probolinggo," kata Wabup. (isa)

Penulis : Ikhsan Mahmudi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini