Benarkah Prabowo 'Kabur' ke Brunei?

18 May 2019 12:34 Politik

Calon Presiden Prabowo Subianto dituding 'kabur' dari Indonesia oleh seorang penulis yang memakai nama Alifurrahman. Tulisan ini dimuat di sebuah media online. Dalam tulisannya itu, Alifurrahman sebenarnya sedang membuat analisis foto yang beredar viral di grup-grup WhatsApp.

Dalam foto tersebut tampak Prabowo diklaim sedang berada di Brunei bersama Idrus Sambo, Amien Rais, Sugiono, Angga Raka, Rizky Irmansyah dan beberapa orang lainnya. Elite Gerindra dan ketua presidium 212.

Alifurrahman menduga jika kaburnya Prabowo ke Brunei ini untuk menghindari  sejumlah kasus yang mungkin bakal menjerat Prabowo. Tapi, kata Alifurrahman, ada alasan atau faktor yang lebih menyeramkan. Yakni menghindari terjadinya kerusuhan.

"Sejarah negeri ini pernah mencatat, Prabowo kabur ke Yordania setelah terjadi kerusuhan dan saat dirinya terjerat kasus pembunuhan. Maka kalau hari ini Prabowo kembali kabur, setelah serangkaian provokasi dan ‘surat wasiatnya’ maka kemungkinan besar Prabowo kabur karena dua alasan yang sama. Kasus hukum dan kerusuhan. Bedanya sekarang lebih antisipatif karena Prabowo bukan bagian dari kekuasaan seperti 98 lalu."

Atas tulisan ini, koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil A. Simanjuntak, dalam akun Twitternya membantah jika Prabowo Subianto berada di Brunei. Dia menyebut jika Prabowo masih menjalankan shalat Jumat di Hambalang kemudian disambung beraktivitas sampai malam di rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Namun atas bantahannya tersebut Dahnil harus gigit jari. Direktorat Jenderal Imigrasi mengonfirmasi bahwa calon presiden Prabowo Subianto pergi ke Brunei Darussalam pada Kamis, 16 Mei 2019.

Berdasarkan keterangan tertulis Sam Fernando, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Imigrasi, pada Sabtu, 18 Mei, Prabowo terbang dengan pesawat jet pribadi berjenis Embraer 190-Lineage 1000 dengan nomor penerbangan 9H-NYC dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta menuju Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Sam tak merinci orang-orang yang menyertai Prabowo pergi ke Brunei, melainkan hanya menyebut, “Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau.”

Pesawat yang ditumpangi Prabowo dan rombongan, kata Sam, dilaporkan mendarat dengan selamat di Bandar Sri Begawan pukul 12.10 waktu Brunei atau 20.12 WIB.

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Filename: news/single.php

Line Number: 96

Backtrace:

File: /home/ngopibareng/public_html/bima-themes/kopikopi/pack/news/single.php
Line: 96
Function: _error_handler

File: /home/ngopibareng/public_html/application/views/theme.php
Line: 70
Function: include

File: /home/ngopibareng/public_html/application/controllers/Timeline_post.php
Line: 235
Function: view

File: /home/ngopibareng/public_html/index.php
Line: 326
Function: require_once

Reporter/Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini