Ilustrasi mata merah. (Foto: google)
Ilustrasi mata merah. (Foto: google)

Benarkah Memandang Orang Sakit Mata Merah Akan Tertular?

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 02 September 2020 13:15 WIB
RS Mata Undaan

Ketika memandang orang yang sedang sakit mata merah, kita juga akan tertular. Pernyataan di atas tentu sudah sering Anda dengar dari orang tua, kerabat maupun teman.

Menjawab pernyataan-pernyataan yang beredar di masyarakat, dr. Donny Wishnu Chandra, SpM dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) mengungkapkan, penyebab mata merah sangat beragam, salah satunya karena virus, sehingga tidak semua mata merah akan menular saat dilihat.

"Kalau karena virus, virus akan mudah masuk ke mata kalau daya tahan tubuh turun," kata dokter yang sudah praktik di RSMU selama 20 tahun ini.

Donny pun menjelaskan, apabila memang ada kejadian setelah melihat mata merah jadi tertular, itu disebabkan karena daya tahan tubuh orang tersebut sedang turun, jadi virus mudah masuk.

"Misalnya ada satu anggota keluarga sakit mata merah, satu rumah ketularan. Itu karena satu rumah daya tahan tubunnya sedang turun," imbuh dokter spesialis vitrioretina itu.

Menurutnya, bila seseorang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, virus tidak akan mudah masuk. "Kalau kita memandang orang dengan mata merah, tapi daya tahan tubuh kita kuat. Kita tidak akan mudah tertular," pungkasnya.

Donny menambahkan, selain virus, mata merah memiliki banyak penyebab, untuk itu ia berpesan agar tidak meremehkan mata merah. Sehingga harus segera diketahui penyebab pastinya dengan memeriksakan mata ke ahlinya.

RSMU dapat menjadi rujukan Anda dalam mendapatkan pelayanan pemeriksaan mata lengkap. Bila Anda ingin melakukan registrasi untuk konsultasi dokter dan pengobatan mata, dapat diakses secara mudah dengan aplikasi 'RSMU Eyecare'. Anda tinggal mengunduh lewat Google Playstore.

Selalu menjaga kesehatan mata! karena mata adalah jendela dunia. 

Penulis : Pita Sari

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 23:31 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 M

Warta Bumi

Gunung Sinabung luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter.

25 Oct 2020 23:15 WIB

Jelang Risma Pensiun, Keluhan Warga di Reses Dewan Masih Sama

Surabaya

Mahfudz tepok jidat kinerja Risma tak berdampak

25 Oct 2020 23:02 WIB

Tim Cyber Media PDIP Lawan Hoax di Pilkada 2020, Ini Tugasnya

Pilkada

Tim ini dilatih untuk melawan kampanye hitam dengan kampanye positif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...