Benarkah Alfred Riedl Akan Tangani Persebaya?

22 Aug 2019 22:36 Liga Indonesia

Hingga menjelang laga ketiga usai pemecatan Djajang Nurdjaman calon pelatih Persebaya masih jadi tanda tanya. Sebab hingga saat ini manajemen belum juga menunjukkan tanda-tanda akan mendatangkan pelatih baru.

Teka-teki itu semakin sulit dipecahkan karena hingga saat ini jajaran manajemen tim Bajul Ijo semakin rapat menutup mulut ketika dikonfirmasi terkait sosok pelatih anyar Persebaya.

Ditemui di beberapa kesempatan, Manajer Persebaya, Candra Wahyudi sangat irit memberikan komentar siapa bakal calon pelatih Ruben Sanadi dkk untuk putaran kedua. Ia hanya berani memberikan keterangan bahwa, pihaknya akan segera mengumumkan pelatih anyar tim Bajul Ijo tanpa menyebutkan kriteria yang mereka tentukan.

Terbaru, saat ditemui di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis 22 Agustus 2019 sore tadi, Candra masih menolak berkomentar soal sosok pelatih yang akan ia datangkan. Malah ia menyampaikan bahwa ada saatnya nanti Bonek tahu, siapa yang akan duduk di kursi pelatih Persebaya.

“Jangan sekarang, saya masih puasa berkomentar. Tunggu nanti saja, ada saatnya saya akan memberikan keterangan soal ini,” kata Candra sore tadi.

Sebelumnya, pasca pemecatan Djajang Nurdjaman dari kursi kepelatihan Persebaya, Candra pernah mengatakan masih ada waktu sebulan bagi Persebaya untuk mencari pelatih baru. Ia juga menyampaikan tidak menutup kemungkinan pelatih asing akan ia datangka ke Surabaya.

Masih ada waktu satu bulan, jadi kami saat ini dalam proses mencari. Tidak harus lokal, asing juga bisa, terpenting memenuhi persyaratan,” ujar Candra beberapa waktu lalu.

Pastinya, dari pernyataan itu, tinggal menunggu hari saja kapan pelatih baru Persebaya itu akan datang dan diumumkan di depan Bonek Mania yang kini masih penasaran. Kalau tidak segera diumumkan, tentu tim asal Kota pahlawan juga terancam tidak bisa belanja pemain untuk putaran kedua Liga 1.

Namun, kalau mengacu pada sisa putaran pertama, kemungkinan dalam wakt dekat pelatih baru itu akan datang. Sebab Persebaya hanya menyisakan dua pertandingan Liga 1 2019 putaran pertama, yaitu lawan Persija Jakarta 24 Agustus dan Bhayangkara FC pada 31 Agustus 2019.

Saat ini ada beberapa nama-nama calon pelatih Persebaya. Salah seorang kandidat terkuat yang santer beredar adalah Alfred Riedl. Pembahasan nama juru taktik asal Austria ini sedang menghangat baik di media sosial maupun di media-media nasional.

Mantan pelatih Timnas Indonesia tahun 2010 lalu itu dikabarkan telah menjalin kesepakatan dengan Persebaya. Namun sengaja masih dirahasiakan karena belum resmi menandatangani kontrak dengan Persebaya.

Bahkan beberapa bocoran yang diterima Ngopibareng.id menyebut pelatih 69 tahun itu ini sudah tiba di Indonesia menjelang putaran pertama berakhir.

Nama Alfred Riedl sebagai juru racik strategi Persebaya ini setelah salah satu media nasional, vivanews, berhasil mewawancarai yang bersangkutan.

Dalam pemberitaannya, media tersebut menyebut, Alfred Riedl sudah sepakat dengan Bajul Ijo dan akan segera terbang ke Indonesia.

“Benar saya sedang menjalin kontak dengan Persebaya. Saya sudah bicara dengan mereka, Saya akan ke Surabaya pada tiga hingga empat pekan ke depan,” kata Alfred Riedl dalam sebuah pernyataan kepada media tersebut.

Menanggapi kabar tersebut, pemain senior Persebaya, Rendi Irwan, berharap siapapun pelatihnya tidak jadi masalah. Asal dapat memberikan yang terbaik untuk tim Bajul Ijo, ia dan rekan setimnya siap mendukung program sang pelatih.

“Kami para pemain berharap, siapapun pelatihnya nanti, bagi kami yang paling penting bisa mengangkat performa tim ini menjadi lebih baik,” kata Rendi.

Bonek Mania tentu harus bersabar, karena tinggal menunggu waktu dari manajemen Persebaya untuk mengumumkan siapa pengganti Djajang Nurdjaman.

Pertanyaannya apakah benar suksesor Djajang adalah Alfred Riedl? Atau malah Dejan Antonic yang kini berencana mundur dari Madura United?

Maklum kabar rencana mundurnya Dejan sempat dikait-kaitkan dengan lowongan untuk mengisi kekosongan kursi pelatih Persebaya.

Saat ini, selain pelatih yang disapa Opa itu (Alfred Riedl), isu seputar Dejan juga tengah ramai dibahas khalayak. Nah siapa dari dua nama ini yang akan menukangi Persebaya? Tentu menarik untuk disimak kelanjutannya.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini