Din Syamsuddin menikah dengan cucu pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, Rashda Diana, pada Minggu 3 Januari 2021. (Foto: Twitter)
Din Syamsuddin menikah dengan cucu pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, Rashda Diana, pada Minggu 3 Januari 2021. (Foto: Twitter)

Belum Punya Surat Cerai, Din Syamsuddin Menikah Ketiga Kalinya

Ngopibareng.id Nasional 03 January 2021 16:29 WIB

Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menikah dengan cucu pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, Rashda Diana, pada Minggu 3 Januari 2021. Pernikahan ketiga deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu digelar di rumah pimpinan Ponpes Gontor tepat pukul 09.00 WIB.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Mlarak, Muhamad Auliyaussofi kepada wartawan mengatakan, pernikahan Din Syamsuddin dan Rashda Diana digelar secara tertutup. Undangan hanya terbatas untuk keluarga saja.

Saksi dari mempelai wanita, lanjut Muhamad Auliyaussofi, adalah Prof Dr Amal Fathullah Zarkasyi yang merupakan guru besar dalam bidang ilmu aqidah di Universitas Darussalam Gontor (Unida).

Selain itu, pernikahan ketiga Din Syamsuddin ini juga disaksikan oleh ketiga putranya. Sebagai informasi, Rashda Diana adalah putri kedua dari almarhum KH Imam Subakir Ahmad, yang merupakan putra KH Ahmad Ridwan. KH Ahmad Ridwan merupakan pendiri Ponpes Gontor.

Pernikahan ketiga Din Syamsuddin viral di Twitter. Foto-foto pernikahan salah satu staf pengajar FISIP UIN Jakarta ini diunggah oleh para netizen di media sosial berlambang burung warna biru. Dalam salah satu foto, Din Syamsuddin tampak berpose bareng istri sambil menunjukkan buku nikah.

Menurut Kapala Desa (Kades) Gontor, Kecamatan Mlarak, Agung Prohandoko, Din Syamsuddin mengurus permohonan surat pengantar nikah dari Desa Gontor ke KUA Mlarak pada Selasa, 29 Desember 2020.

Din Syamsuddin belum menyertakan surat cerai dari istri kedua, Novalinda Jonafrianty. Kabarnya, surat cerai itu baru keluar pada Senin besok. Kabarnya, Novalinda telah menggugat cerai Din Syamsuddin di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada 30 November 2020. Majelis Hakim pun mengabulkan gugatan cerai Novalinda pada 16 Desember 2020. Pasangan ini sudah pidah rumah sejak Juli 2020.

Sebelumnya, istri pertama Din Syamsuddin, Hj Fira Beranata meningal dunia pada 2010. Setahun kemudian, Din Syamsuddin menikah lagi.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 08:07 WIB

Malaikat dalam Kubur, Mereka Dikerjai Nasrudin Hoja

Humor Sufi

Humor Sufi - renungan di masa pandemi Covid-19

01 Mar 2021 07:53 WIB

Artidjo Alkostar: Sebuah Kitab Keadilan

Hamid Basyaib

Artidjo sosok penegak hukum yang memiliki integritas tinggi dan sahaya.

01 Mar 2021 07:35 WIB

Soal Legalisasi Usaha Miras, Muhammadiyah: Itu Buah UU Ciptaker

Khazanah

Fenomena bangsa yang telah kehilangan arah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...