Romelu Lukaku cetak 2 gol dan membawa Belgia lolos 4 besar UEFA Nations League. (Foto: AP)
Romelu Lukaku cetak 2 gol dan membawa Belgia lolos 4 besar UEFA Nations League. (Foto: AP)

Belgia Pastikan Tiket Empat Besar UEFA Nations League

Ngopibareng.id Liga Europa 19 November 2020 07:34 WIB

Begia memastikan lolos empat besar UEFA Nations League setelah menang besar atas Denmark 4-2 dalam laga pemungkas Divisi A Grup 2 (A2) di Stadion Den Dreef, Leuven, Kamis, 19 November 2020 dinihari WIB.

Keunggulan Belgia diciptakan lewat gol cepat Youri Tielemans menit 3. Namun, berhasil disamakan oleh Denmark melalui Jonas Wind dan skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Romelu Lukaku memecah kebuntuan pada menit ke-57 untuk membawa Belgia kembali memimpin dengan menyelesaikan umpan terobosan dari Kevin de Bruyne.

Selang 12 menit, Lukaku mengemas gol keduanya ke gawang Denmark dengan sebuah tandukan tajam menyambut umpan silang Thorgan Hazard untuk memperlebar keunggulan Belgia.

Lini belakang Belgia sempat kehilangan konsentrasi pada menit ke-87 ketika umpan balik Nacer Chadli gagal dikendalikan oleh kiper Thibaut Courtois yang membuat Denmark memperkecil kedudukan 2-3.

Namun, semenit berselang Belgia menegaskan kembali keunggulan mereka lewat aksi De Bruyne melepaskan tembakan keras ke pojok kanan atas gawang menaklukkan kiper Kasper Schmeichel guna memastikan kemenangan tuan rumah menjadi 4-2.

Hasil itu membuat Belgia finis sebagai juara Grup A2 dengan koleksi 15 poin penuh dan menyusul Prancis, Spanyol dan Italia yang lolos ke babak empat besar Nations League.

Sementara, Denmark tetap finis urutan kedua klasemen kendati raihan 10 poin mereka disamai Inggris, tetapi bekal catatan head-to-head satu kemenangan dan satu hasil imbang membuat Christian Eriksen cs berada pada posisi lebih atas.

Di pertandingan lain A2, Inggris menang besar atas Islandia 4-0. Sayang, kemenangan ini tak mempengaruhi nasib Inggris maupun Islandia. Inggris sudah tidak bisa beranjak dari urutan ketiga klasemen dengan koleksi 10 poin, sedangkan Islandia yang nol poin dipastikan terdegradasi ke Divisi B.

Susunan pemain:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen (Dedryck Boyata); Thorgan Hazard (Thomas Foket), Youri Tielemans, Leander Dendoncker, Nacer Chadli; Dries Mertens, Kevin de Bruyne; Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Denmark (4-2-3-1): Kasper Schmeichel; Daniel Wass, Simon Kjaer, Andreas Christensen, Joakim Maehle; Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney (Mathias Jensen); Yussuf Poulsen (Lucas Andersen), Christian Eriksen, Martin Braithwaite; Jonas Wind (Pione Sisto)
Pelatih: Kasper Hjulmand

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 16:07 WIB

Selipkan Sabu di Cincin, Pemuda Bulak Banteng Diciduk

Kriminalitas

Keduanya berniat menggelar pesta sabu.

22 Jan 2021 16:06 WIB

Jaga Produktivitas Ternak Sapi, Banyuwangi Optimalkan E-Nak Wangi

Jawa Timur

Melalui Kartu E-Nak Wangi ini bisa diketahui riwayat kesehatan dari sapi peternak.

22 Jan 2021 16:00 WIB

Era Digital, DPRD Minta Reklame Surabaya By System

Surabaya

Jadi masyarakat bisa mengetahui semua tentang tata kelola reklame.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...