Belasan Rusa di Coban Jahe Malang Mati Misterius, Ulah Siapa?

21 Jan 2019 13:24 Warta Bumi

Sebanyak 12 ekor rusa jenis tutul ditemukan mati secara misterius di kawasan penangkaran Coban Jahe, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tak hanya itu, dua ekor rusa di kawasan tersebut juga dikabarkan hilang.

"Sebanyak dua ekor rusa juga hilang. Jadi yang tewas dan hilang ada 14 ekor," kata Ketua Profauna Indonesia, Rosek Nursahid, Senin 21 Januari 2019.

Rosek menjelaskan peristiwa ini baru diketahui pada Minggu 20 Januari 2019 sekitar pukul 06.30 WIB. Rusa-rusa tersebut awalnya diketahui tewas oleh seorang penjaga penangkaran yang hendak memberi makan rusa.

"Yang jelas ada luka gigitan di leher. Dugaan kami sementara adalah karena macan tutul. Karena biasanya yang menyerang rusa atau kambing di wilayah dekat hutan itu ada dua yaitu macan tutul dan anjing liar," jelasnya.

Sebagai informasi, lokasi Coban Jahe berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Beberapa waktu yang lalu di kawasan tersebut terdeteksi keberadaan macan tutul.

"Kalau anjing liar biasanya menyerang pada bagian perut, kalau macan pada bagian leher atau tengkuk," imbuhnya.

Sementara itu, pasca penemuan tersebut, Polsek Jabung bersama Asper Perhutani langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Dua ekor rusa yang hilang diduga telah dimangsa oleh macan tutul. (umr)

Penulis : Umar Alfa
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini