Belanda vs Belarusia: Kans Belanda Perpanjang Rekor Apik Kandang

21 Mar 2019 12:47 Dunia

Belanda difavoritkan meraih kemenangan saat menjamu Belarusia dalam kualifikasi Grup C Piala Eropa 2020 di De Kuip, Rotterdam, Jumat 22 Maret 2019 dini hari WIB. Ini tak lepas dari keunggulan di semua aspek yang dimiliki Oranje.

Dari sisi sejarah dan perbedaan kualitas materi pemain, skuat oranje jelas unggul jauh dibanding lawannya kali ini. Di Grup C, pesaing terberat Belanda adalah Jerman. Kemenangan di laga perdana pun akan sangat berguna dalam perjuangan panjang mereka untuk menuju putaran final.

Rekor pertemuan kedua tim dalam delapan pertemuan sebelumnya, Belanda menang enam kali dan kalah dua kali. Khusus di kandang, pasukan Oranje belum pernah gagal menekuk Belarusia. Bahkan dalam laga kandang terakhirnya kontra Belarusia di kualifikasi Piala Dunia 2018, Belanda menang telak 4-1 di Rotterdam.

Belanda sudah menampilkan permainan impresif di UEFA Nations League A dan menjuarai grup mereka, yang juga dihuni oleh Prancis dan Jerman. Melawan Belarusia, yang merupakan juara Nations League D Grup 2, pasukan Ronald Koeman diunggulkan bisa meraih start sempurna di kualifikasi dengan kemenangan.

Tim besutan Ronald Koeman saat ini menempati ranking 14 di peringkat FIFA, sementara Belarusia peringkat 78. Dari situ, kita bisa melihat perbedaan kelas yang ada di antara mereka.

Belarusia masih mencoba mengandalkan pemain-pemain senior mereka yang kaya pengalaman, seperti kiper Andrey Harbunow, bek dan kapten Alyaksandr Martynovich, serta gelandang Alexander Hleb.

Tumpuan utamanya di barisan depan adalah striker 27 tahun Anton Saroka, yang sejauh ini sudah mencetak tujuh gol di pentas internasional.

Sementara itu, di skuat Belanda sekarang, hanya Ryan Babel yang berusisa di atas 30 tahun. Pilar-pilar penting mereka, seperti kiper Jasper Cillessen, bek dan kapten Virgil van Dijk, gelandang Frenkie de Jong maupun striker Memphis Depay, semuanya masih di bawah 30 tahun.

Namun skuat muda Belanda ini tak bisa diremehkan. Memenangi persaingan di grup berat UEFA Nations League melawan sang rival Jerman dan juara dunia Prancis adalah buktinya.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 sudah terlupakan. Sekarang, Virgil van Dijk cs. mulai menatap era baru dengan talenta-talenta muda mereka yang sangat menjanjikan.

 

Prakiraan Susunan Pemain:

Belanda (4-2-3-1): Cillessen; Blind, van Dijk, de Vrij, Tete; Frenkie de Jong, de Roon; Babel, Wijnaldum, Promes; Depay

Pelatih: Ronald Koeman

Belarusia (4-1-4-1): Harbunow; Polyakow, Martynovich, Valadzko, Shitov; Mayewski; Stasevich, Hleb, Drahun, Savitski; Saroka

Pelatih: Igor Kriushenko

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini