Belanda menunjukkan kualitasnya saat menghajar Estonia dengan skor 4-0. (Foto: Twitter/@OranjeOns)
Kualifikasi EURO 2020

Belanda Perkasa di Kandang Estonia

Dunia 10 September 2019 04:51 WIB

Belanda kembali menunjukkan keperkasaannya pada matchday keempatnya di Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C. Bertandang ke markas Estonia, Selasa 10 September 2019 di A Le Coq Arena, De Oranje menghancurkan tuan rumah dengan empat gol tanpa balas.

Dua gol Ryan Babel membuka kemenangan Belanda di laga ini. Diikuti dua gol berikutnya yang dicetak oleh Memphis Depay dan Georginio Wijnaldum.

Dominasi Belanda sudah tampak sejak awal pertandingan. Tim besutan Ronald Koeman itu langsung membombardir pertahanan Estonia hingga membuat para pemain tuan rumah potang-panting.

Setelah tiga peluang emas Belanda di awal laga gagal dikonversi menjadi gol, Belanda akhirnya membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Ryan Babel. Memanfaatkan umpan silang mendatar dari Daley Blind, Babel menyontek bola. Meski mengenai tangan kiper Estonia Sergei Lepmets, bola menerobos masuk.

Unggul 1-0, Belanda semakin percaya diri. Virgil van Dijk dkk semakin tak memberi kesempatan Estonia berkembang. Kendati begitu, hingga turun minum, skor tersebut tak berubah.

Di babak kedua, Belanda kembali menggebrak sejak menit awal. Upaya itu kembali membuahkan hasil ketika laga baru berjalan tiga menit (48') Lagi-lagi Babel sukses mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan silang, Babel menanduk bola dan masuk. Skor bertambah menjadi 2-0 untuk keunggulan Belanda.

Serangan Belanda semakin menjadi-jadi setelah unggul dua gol, sejumlah peluang mereka dapatkan. Namun gol tambahan baru tercipta di menit ke-70 setelah tembakan diagonal Memphis Depay tak mampu diantisipasi oleh Sergei Lepmets. Skor 3-0 untuk Belanda.

Tak puas, Belanda kembali mengoyak gawang Estonia tiga menit menjelang waktu normal berakhir. Kali ini Georginio Wijnaldum yang menghadirkan malapetaka bagi gawang tuan rumah.

Memaksimalkan umpan set piece Depay, gelandang Liverpool itu berhasil menyarangkan bola dengan kepalanya. Skor 4-0 menutup pertandingan itu, karena di waktu tersisa tak ada lagi gol yang tercipta.

Dengan kemenangan ini, Belanda terus menempel Jerman dan Irlandia Utara yang menempati posisi pertama dan kedua di klasemen sementara Grup C. Jerman dan Irlandia Utara memiliki poin sama, 12 poin. Tapi keduanya sudah memainkan lima pertandingan, sementara Belanda yang mengemas 9 poin baru bermain empag kali.

Sementara bagi Estonia, kekalahan ini semakin menenggelamkan mereka di dasar klasemen sementara. Saat ini Estonia menempati posisi juru kunci tanpa poin sama sekali dari lima laga yang telah mereka lakoni.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jul 2020 10:50 WIB

Saat Timnas Prancis Mendapat Seruan Panggil Benzema

Dunia

Benzema telah menjalani masa pengasingan selama lima tahun

21 Mar 2020 12:52 WIB

Meski Diundur Tahun Depan, Namanya Tetap 'Euro 2020'

Dunia

UEFA memutuskan, kompetisi empat tahun tetap pakai nama EURO 2020.

18 Mar 2020 12:35 WIB

Ini Skenario untuk Para Pemain Setelah Euro Mundur Setahun

Dunia

Ada harapan yang muncul kembali, ada pula yang cemas

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...