Video Prajurit TNI Mampu 7 Bahasa Asing, Belajar Otodidak

06 Oct 2019 00:12 Tokoh

Di tengah hari ulang tahun ke-74 TNI, 5 Oktober 2019, ada hal khusus. Seorang di antara perwira TNI ternyata menguasai tujuh bahasa asing sekaligus. Lebih khusus lagi, itu diperoleh dari hasil belajar sendiri alias otodidak.

Figur yang berhasil mengangkat nama TNI itu, tak adalah adalah seorang prajurit Kodim 0111/Bireuen, Kopral Dua (Kopda) Hardius Rusman.

Dia belajar bahasa asing melalui media sosial (medsos). Sehingga, dengan mudah dalam waktu relatif singkat, berhasil menguasai tujuh bahasa asing: Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia dan Belanda.

Kepiawannya itu Hardius Rusman, terungkap di media sosial bahkan viral, Sabtu 6 Oktober 2019. Tak heran, kini ia menjadi pembicaraan masyarakat, khususnya warganet.

Sebelumnya, Hardius Rusman tampil dalam talkshow Hitam Putih di Trans7, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019. Acara ini disiarkan langsung stasiun televisi swasta tersebut pukul 18.00 WIB.

Talkshow yang dipandu mentalist Deddy Corbuzier ini, Hardius berbagi pengalamannya belajar bahasa asing secara otodidak (belajar sendiri tanpa guru) melalui media sosial (medsos).

Semua bahasa di dunia itu dipelajarinya melalui medsos. Dia menggunakan aplikasi Google Translate, Facebook, WhatsApp, Messenger dan jejaring sosial lainnya.

Dia juga pernah diminta mendampingi rombongan istri dan keluarga atase militer dari 22 negara yang mengunjungi berbagai tempat di Banda Aceh dan Sabang pada Agustus lalu. Setelah itu namanya semakin dikenal.

Berikut penampilan Hardius yang viral tersebut:

Penulis : Riadi
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini