Bhabinkamtibmas dan Babinsa membimbing sejumlah anak-anak yang sedang belajar online menggunakan fasilitas internet dari WiFi Motor Bhabinkamtibmas (foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Anak Nelayan Banyuwangi Pakai Wifi Gratis dari Bhabinkamtibmas

Pendidikan 12 August 2020 17:40 WIB

Sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) melakukan belajar online di sekitar pantai Satelit, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Rabu, 12 Agustus 2020. Mereka adalah putra-putri dari nelayan setempat.  Mereka belajar secara daring dengan menggunakan internet gratis yang disediakan di motor Bhabinkamtibmas setempat.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan, yang diluncurkan Polresta Banyuwangi beberapa waktu lalu. Bhabinkamtibmas bersama Babinsa melakukan langkah jemput bola untuk memberikan wifi gratis bagi pelajar yang membutuhkan internet untuk kebutuhan belajar online.

"Dalam masa Pandemi Covid-19 ini, Bhabinkamtibmas kami dorong untuk mengakomodir kebutuhan internet adik-adik sekolah yang ada kendala belajar karena harus dilakukan secara daring," jelas Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Muncar Kompol M. Zainuri.

Bhabinkamtibmas ini menyediakan wifi gratis melalui modem yang dibawa dengan sepeda motornya. Selain modem, juga disediakan hotspot dari smartphone Bhabinkamtibas dan Babinsa. "Bhabinkamtibmas menyiapkan wifi, modem, dan HP untuk anak-anak yang kurang mampu," jelasnya.

Selain menyediakan internet gratis, Bhabinkamtibas dan Babinsa juga membantu anak-anak yang mengalami kesulitan saat belajar online. Dengan sabar mereka membimbing anak-anak seperti layaknya seorang guru pada muridnya.

Zainuri menjelaskan, kegiatan pemberian wifi gratis ini juga dibantu oleh Komunitas Internet Banyuwangi (KIB). Mereka ikut memenuhi kebutuhan internet bagi pelajar untuk kebutuhan belajar secara daring. "Ini bagian dari program Bhabinkamtibmas Tangguh. Kami bantu anak-anak terutama anak-anak nelayan yang kurang mampu, yang tidak punya akses internert atau wifi," tegasnya.

Kegiatan serupa, menurutnya, akan dilakukan di desa lain. Bhabinkamtibmas akan berkeliling ke desa-desa untuk mencari wilayah mana yang benar-benar membutuhkan internet untuk sekolah dan belajar online. "Di mana anak-anak yang tidak mampu tidak mempunyai HP ataupun akses internet, kami datang ke sana, kami layani," ujarnya.

Fahri Akbar, 11 tahun, seorang pelajar yang ikut menggunakan fasilitas wifi gratis dari Bhabinkamtibas mengaku senang. Dirinya bisa menggunakan akses internet yang disediakan Bhabinkamtibmas secara gratis. Apalagi ada beberapa temannya yang ikut  belajar bersama. "Ya senang Pak, internetnya lancar dan gratis," kata pelajar kelas V SD ini.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...