Tangkapan layar orang utan merokok di Kebun Binatang Bandung. (Foto: Youtube)
Tangkapan layar orang utan merokok di Kebun Binatang Bandung. (Foto: Youtube)

Begini Tanggapan Pengelola Kebun Binatang Bandung Soal Orang Utan yang Merokok

Ngopibareng.id Nasional 06 March 2018 17:27 WIB

Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) menanggapi kasus video orang utan yang sedang merokok yang diunggah pemilik akun bernama Marison Guciano di Facebook. Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi`i mengaku berterima kasih atas video tersebut. Menurutnya, hal itu akan menjadi bahan evaluasi bagi pihak Kebun Binatang Bandung untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap seluruh koleksi satwanya.

"Kita sih berterima kasih kepada pihak Bapak Morrison bahwa dia ikut mengawasi kebun binatang Bandung. Jadi dengan keberadaan mereka ini, kebun binatang bisa berbuat lebih banyak jadi bukan petugas saja yang mengawasi tapi mereka juga ikut membantu kemajuan kebun binatang," ujar Sulhan saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa.

Sulhan mengakui, para pengunjung masih banyak yang belum memahami akan pentingnya menjaga satwa. Pasalnya, tugas menjaga satwa bukan hanya menjadi kewenangan pihak pengelola semata, namun tanggung jawab seluruh masyarakat terutama pengunjung.

Selain itu, di setiap kandang satwa, pengelola sudah menempatkan papan imbauan untuk tidak memberi makanan apapun. Untuk itu, ia meminta pengunjung mematuhi semua peraturan yang ada, untuk menjaga kesehatan para satwa.

"Jadi kita sama-sama menjaga satwa di Kebun Binatang Bandung atau di mana pun. Dalam kasus ini karena Kebun Binatang Bandung itu aset nasional karena satwa-satwa didalamnya banyak satwa endemik yang sudah langka," kata dia.

Saat disinggung mengenai pengawasan, Sulhan mengatakan saat ini Kebun Binatang Bandung hanya memiliki 32 Keeper (penjaga). Jumlah tersebut dinilai belum maksimal untuk mengawasi sekitar 800-an satwa koleksi Kebun Binatang Bandung. Ke depan, pengelola akan menambah jumlah Keeper serta secara rutin menggelar edukasi satwa kepada pengunjung agar kasus tersebut tidak terulang.

"Kerjasamanya kita imbau agar sesama pengunjung harus saling mengingatkan kalau terus seperti itu tidak akan maju Kebun Binatang ini. Kita tidak berprasangka buruk terhadap pelaku ini mungkin dia belum teredukasi dengan baik," kata dia.

Sebelumnya, beredar video Orang utan tengah mengisap rokok diunggah lewat akun Marison Guciano melalui akun Facebooknya.

Dalam video berdurasi satu menit itu, memperlihatkan seekor orang utan tengah memungut serta mengisap rokok yang dibuang oleh salah satu pengunjung secara sengaja ke kandangnya. (ant)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

15 Jan 2020 14:12 WIB

Mulai Maret Malioboro Bebas Asap Rokok

Destinasi

Upaya mempercantik dan membuat nyaman Malioboro terus dilakukan.

05 Dec 2019 09:53 WIB

Puskesmas di Surabaya Kini Sediakan Klinik Berhenti Merokok

Surabaya

Klinik berhenti merokok untuk membantu masyarakat menghentikan kebiasaan merokok.

07 Nov 2019 19:00 WIB

40 Tahun Kecanduan, Vina Panduwinata Berhenti Merokok

Selebriti

Saat berhenti merokok dua bulan lalu, Vina Panduwinata merasa sakau.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...