Salah satu bentuk kesiapan salah satu objek wisata menyambut era normal baru di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/6). (Foto: Antara/Pemkab Banyuwangi)
Salah satu bentuk kesiapan salah satu objek wisata menyambut era normal baru di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (22/6). (Foto: Antara/Pemkab Banyuwangi)

Begini Siasat Wisata Banyuwangi di Saat Pandemi

Ngopibareng.id Jawa Timur 30 October 2020 16:44 WIB

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersiasat agar satu sisi ekonomi tetap tumbuh tapi sisi yang pandemi di kabupaten paling Timur Pulau Jawa ini bisa terkendali. Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan,

Penerapan protokol kesehatan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga jarak, bahkan sampai dilembagakan di sektor pariwisata. Tak hanya berharap dari kesadaran masing-masing warga.

Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, menerapkan sertifikasi untuk setiap pelaku usaha pariwisata. Mulai hotel, home stay, sampai tour guide dan pelaku UMKM.

Selain menerapkan sertifikasi, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga mempunyai ide briliant untuk memboyong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan atraksi-atraksi tradisional ke hotel.

"Hotel bisa membuat staycation. Mereka menyiapkan pentas tari gandrung tak harus di alun-alun. Tapi bisa juga outdoor sekaligus bisa menikmati dan musik. Saya kira ini malah lebih bagus," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas beberapa waktu.

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Dec 2020 08:13 WIB

Jadi Tersangka Dana Bansos Covid-19, Ini Kekayaan Mensos

Korupsi

Kekayaan Mensos Juliari sesuai LHKPN tercatat sebanyak Rp47,18 miliar.

06 Dec 2020 07:52 WIB

Mensos Diduga Terima Suap Rp17 Miliar dari Paket Sembako Bansos

Korupsi

Mensos tersangkut dugaan suap bantuan sosial ( bansos.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...