Cara mengajak anak agar disilpin menerapkan 3M. (Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)
Cara mengajak anak agar disilpin menerapkan 3M. (Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)

Begini Cara Mengajak Anak Disiplin 3M

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 22 October 2020 17:15 WIB

Penerapan protokol kesehatan Covid-19, yakni 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak harus dilakukan oleh semua orang. Termasuk anak-anak.

Untuk itu, Psikolog Klinis SDM Reisqita Vadika, M.Psi pun memberikan tips bagi orang tua bagaimana memberikan pengertian tentang protokol kesehatan Covid-19 ke anak.

"Kuncinya ialah gunakan bahasa yang setara dengan anak. Bagaimana kita mengolah bahasa tersebut sesuai dengan pengetahuan dan bahasa si anak," kata Qiqi biasa ia disapa.

Qiqi mengatakan, bila orang tua benar-benar kebingungan menjelaskan pada anak. Mungkin orang tua bisa melihat video mengenai edukasi virus corona bersama anak. "Meski melihat video tetap harus didampingi dengan edukasi. Jadi orang tua tetap mengawasi anaknya meski sambil melihat video," imbuhnya.

Qiqi juga mengingatkan bahwa anak adalah peniru ulang. Apapun yang dilakukan orang tua pasti anak akan menirukannya. "Kalau orang tua ingin anaknya bermasker, mencuci tangan dengan benar. Ya, orang tua juga harus melakukannya di depan anak agar anak mencontoh yang baik," tandasnya.

Tambahnya, kegiatan 3M juga harus menjadi kegiatan yang wajib dilakukan orang tua dan anak meski berada di rumah saja. Hal tersebut, menurut Qiqi, juga akan meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak, untuk lebih dekat lagi selama pandemi Covid-19.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 18:10 WIB

Resmi, Aryn Williams Tinggalkan Persebaya

Liga Indonesia

Aryn umumkan kepergiannya melalui akun Instagramnya.

21 Jan 2021 17:58 WIB

Pemkot Tambah Fasyankes untuk Percepat Vaksinasi

Surabaya

Pemkot Surabaya target vaksin tahap pertama usai sebelum tiga minggu.

21 Jan 2021 17:45 WIB

10 Hari PPKM masih Ada yang Nakal di Surabaya

Surabaya

Ada yang "nakal" tak patuhi PPKM dan Perwali.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...