Ilustrasi (Foto: istimewa)
Ilustrasi (Foto: istimewa)

Begini Aturan Penyimpan Obat Mata yang Benar

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 24 October 2019 10:13 WIB
RS Mata Undaan

Biasanya obat mata yang belum habis digunakan akan disimpan untuk kemudian hari dipakai lagi. Ternyata, hal seperti tidak dianjurkan untuk dilakukan. 

Dokter Dewi Rosarina, Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya mengatakan, pengunaan obat mata memiliki aturan dan tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

"Karena kalau nekad tetap dipakai obat tersebut tidak ada manfaatnya lagi bagi mata, malah bisa memperparah keadaan mata," ujar dokter RSMU ini.

Rina mengungkapkan, penyimpanan obat mata berupa minidus sekali tutupnya dibuka hanya bertahan selama tiga hari. Karena, obat semacam ini tidak memiliki pengawet jadi hanya bertahan 3 hari saja.

"Kalau memang membutuhkan lagi setelah tiga hari sebaiknya buka yang baru, sebab memakai yang lama pun tidak akan efisien lagi," ujarnya pada ngopibareng.id.

Kalau untuk obat mata kemasan botol, kata Rina, bila sudah dibuka tutupnya hanya akan bertahan selama satu bulan. Kalau belum dibuka masih bisa bertahan sampai masa kadaluarsanya saja.

"Untuk penyimpanan obat mata tidak perlu disimpan di lemari atau suhu dingin. Disimpan pada suhu ruangan saja asalkan pengunaanya tetap diperhatikan sesuai anjuran dokter," tandas Rina.

Tambahnya, menyimpan obat mata sebaiknya dipisahkan dengan penyimpanan obat lainnya seperti obat anti septik atau lainnya. Selain itu juga pisahkan penyimpan obat mata dengan penyimpanan benda lain seperti lem.

"Karena banyak kasus, saat matanya sudah merah dan perih karena infeksi dan ingin mengambil obat mata, justru malah salah mengambil benda lain dan diteteskan dimata. Tentunya ini berbahaya bagi mata," pungkasnya.

Selain itu, ujar Rina, hubungi dokter untuk menentukan obat apa yang cocok untuk sakit mata yang Anda derita. Karena sekali lagi kondisi sakit mata pada setiap orang berbeda-beda, dengan penyebab yang berbeda, dan tentunya dengan obat yang berbeda pula.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jan 2021 15:43 WIB

CDC RS Mata Undaan Pelatihan Tenaga Eksisi untuk Donor Kornea

RS Mata Undaan

Pelatihan teknis menambah cakupan donor mata.

29 Dec 2020 10:35 WIB

CDC RS Mata Undaan Sosialisasi Donor Kornea Bersama Rotary Club

RS Mata Undaan

Calon pendonor sekarang lebih mudah untuk mendaftar.

24 Dec 2020 18:00 WIB

Mau Staycation di Hotel Gratis, Yuk Kepoin Akun IG RSMU

RS Mata Undaan

Ikuti challenge RSMU dengan mengikuti akun IG @rs.mataundaan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...