Ilustrasi aplikasi Zoom, WhatsApp, dan Hangout. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Beda Video Call WhatsApp, Zoom, dan Hangout

Inovasi dan Teknologi 30 April 2020 13:23 WIB

Popularitas Zoom melonjak karena digunakan sebagai aplikasi rapat online gratis dengan jumlah peserta maksimal hingga 100 orang.

Di sisi lain, Google Hangouts bisa digunakan untuk melakukan video call bersama 25 orang sekaligus. Sementara 150 orang peserta bisa ikut serta untuk rapat via chat.

Terbaru, WhatsApp baru saja meningkatkan jumlah maksimal menjadi delapan orang sekaligus dalam panggilan video call. Fitur baru ini membuat Whatsapp meramaikan kompetisi aplikasi konferensi video kala pandemi Covid-19 yang membuat orang-orang harus berada di rumah.

Dikutip dari situs Zoom, Paket Pro dihargai sekitar Rp230 ribu per bulan. Paket ini akan memberikan akses rapat 24 jam per hari, serta penyimpanan rekaman rapat sebesar 1GB. Pengguna tak lagi perlu khawatir rapat akan berakhir setiap 40 menit.

Paket Business dari Zoom dapat membuat konferensi video diisi hingga 300 peserta. Harganya Rp308 ribu per bulan. Sementara itu, paket Enterprise dihargai sama dengan Business namun minimal ada 50 pengguna tetap dalam satu perusahaan. Paket ini bisa membuat rapat online dihadiri 500 orang sekaligus.

Pengguna bisa membeli paket tambahan untuk menambah jumlah peserta sebesar 500 atau 1000 orang. Untuk penambahan 500 orang dihargai sekitar Rp1-1,7 juta per bulan untuk penambahan 1000 orang.

Di sisi lain, Google Hangouts bisa digunakan untuk melakukan video call bersama 25 orang sekaligus. Sementara 150 orang peserta bisa ikut serta untuk rapat via chat.

Google Hangouts juga bisa ditingkatkan menjadi Google Hangouts Meet. Hangouts Meet dirancang untuk bisnis dengan skala yang lebih besar dan dijadwalkan untuk rapat tim hingga 250 orang. Google menggratiskan layanan ini hingga 1 Juli 2020 demi membantu para pekerja kala pandemi Corona.

Khusus WhatsApp memang tak berbayar namun membatasi hanya delapan orang yang bisa mengikuti rapat orang dalam platform.

Berikut ini perbandingan tiga aplikasi populer yang digunakan untuk rapat online yakni WhatsApp, Hangout, dan Zoom:

Grafis Fa VidhiNgopibarengid(Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Aug 2020 15:03 WIB

Siswi SMP Olah Kulit Pisang Jadi Nugget dan Pupuk Cair

Teknologi dan Inovasi

Masih muda tapi sudah berprestasi

11 Aug 2020 14:57 WIB

Ini Deretan Pemain Top yang Menjadi Korban Zidane

Liga Spanyol

Terbaru, Gareth Bale dipastikan dicoret dari daftar pemain Madrid

11 Aug 2020 14:51 WIB

PHK Massal, Ratusan Buruh Asal Sidorajo Datangi Grahadi

Surabaya

Ratusan buruh asal Sidoarjo, tuntut pekerjakan kembali karyawan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...