Suasana ruang rawat inap anak Bobo, tempat Akila dan Azila dirawat (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Bayi Kembar Siam Azila, Hari Ini Dipindahkan dari Ruang ICU

Kesehatan 04 September 2019 16:07 WIB

Azila Dewi Sabrina, salah satu bayi kembar siam asal Kendari yang sempat menjalani rekontruksi ulang pasca operasi pemisahan pada 14 Agustus 2019 lalu, hari ini dipindahkan dari ruang perawatan ICU RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Azila dipindahkan ke ruang rawat inap anak Bobo, satu ruang dengan saudara kembarnya Akila Dewi Syabila. Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr. Soetomo Surabaya. dr. Agus Harianto,SpA (K) mengatakan, kondisi Azila yang semakin membaik membuat tim dokter memutuskan untuk memindahkan Azila ke ruang perawatan biasa.

"Kondisinya sudah semakin membaik, hanya memang yang perlu diwaspadai adalah infeksi. Untuk itu kami mensterilkan ruang perawatan Akila dan Azila, semua yang masuk ruangan harus menggunakan masker dan penutup kepala," kata Agus, ditemui di ruang Bobo, Rabu, 4 September 2019.

Selain itu Agus juga mengungkapkan, meskipun Azila belum bisa makan secara normal. Tapi, semua nutrisinya sudah terpenuhi dari infus yang masuk ke tubuhnya.

Selanjutnya, papar Agus yang akan dilakukan adalah memantau keadaan Azila dan Akila agar tetap stabil, terhindar dari infeksi serta bisa bertumbuh kembang dengan baik.

"Tumbuh kembangnya yang saat ini kami perhatikan. Itu yang paling penting saat ini," imbuhnya.

Selviana Dewi yang berdekatan dengan Azila pasca keluar dari ICU Foto PitangopibarengidSelviana Dewi yang berdekatan dengan Azila pasca keluar dari ICU (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Saat ditanya tentang tindakan rekonstruksi ulang untuk memperbaiki bentuk tubuh Azila,  Agus mengatakan, hal itu akan dilakukan pada waktunya nanti. Artinya, dilihat dulu bagaimana tumbuh kembang Akila dan Azila. 

"Ya nanti tentunya dibutuhkan operasi plastik atau rekonstruksi ulang untuk payudara Azila yang letaknya miring. Tapi, itu nanti kalau sudah waktunya. Sekarang yang penting mereka bertumbuh dengan baik dulu," jelas Agus. 

Saat dipindahkan ke ruang rawat inap Bobo, Azila terlihat sedikit kebingungan. Dia melihat orang sekelilingnya terus-menerus. Wajar Azila menjadi sedikit bingung, pasalnya dia sudah berhari-hari diisolasi di ruang ICU. 

Selviana Dewi, ibunda Azila menuturkan, sebelum Azila dipindahkan ke ruang Bobo dia sudah mempersiapkan sejumlah hal. 

"Ruangannya dibersihkan, karena kata dokter semuanya harus disterilkan. Persiapan yang lain hanya beli popok yang lebih banyak untuk Akila dan Azila," ujar Selviana yang tidak berhenti mengucap syukur, karena kedua putrinya sudah bisa bersama lagi.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Dec 2019 20:25 WIB

RSUD Dr Soetomo Siapkan 255 Tenaga Medis di Malam Tahun Baru

Surabaya

Biasanya pasien kecelakaan, namun sudah cukup minim.

11 Dec 2019 20:58 WIB

Dempet Perut dan Dada, Bayi Kembar Siam Punya Organ Masing-masing

Human Interest

Bayi kembar siam menunggu usia 6-9 bulan untuk operasi pemisahan.

09 Dec 2019 22:00 WIB

Perawatan Hydrocephalus Bayi Pandhu hingga Usia 17 Tahun

Kesehatan

Bayi Pandhu mendapat penanganan RSUD Dr. Soetomo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...