dr.Agus Harianto saat mengajari orang tua Akila dan Azila bagaimana proses mengejan yang baik. (Foto: Pita/Ngopibareng.id)

Bayi Kembar Siam Akila-Azila, Batal Pulang Esok Hari

Kesehatan 28 October 2019 15:55 WIB

Bayi kembar siam Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina yang berhasil dipisahkan oleh Tim Pusat Pelayanan Terpadu RSUD Dr. Soetomo Surabaya, yang semula direncanakan akan dipulangkan ke Kota asalnya, Kendari, pada 29 Oktober 2019 esok pun dibatalkan.

Penundaan kepulangan dua bayi kembar ini disampaikan oleh Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr. Soetomo Surabaya (RSDS). dr. Agus Harianto,SpA (K).

"Prinsipnya dari pihak RSDS sudah siap, tapi memang karena ada kegiatan di Kota Kendari. Wali Kota Kendari belum berkenan untuk datang besok," ungkap dr. Agus Harianto saat ditemui pada Senin, 28 Oktober 2019.

Agus mengatakan, kepulangan Azila dan Akila akan menunggu kesiapan dari Pemerintah Kota Kendari.

"Kami masih menunggu konfirmasi, kemungkinan setelah tanggal 5 November setelah kegiatan di Kota Kendari selesai," ujar dokter spesialis anak ini.

Agus menambahkan, selain menunggu kesiapan Pemerintah Kota Kendari untuk menjemput Azila dan Akila, pihak RSDS juga menunggu kedatangan dokter anak dari Kendari untuk mengenali kondisi Azila dan Akila.

dr Agus Harianto saat memberikan penjelasan penundaan kepulangan Akila dan Azila esok hari Foto PitaNgopibarengiddr. Agus Harianto saat memberikan penjelasan penundaan kepulangan Akila dan Azila esok hari. (Foto: Pita/Ngopibareng.id)

Dari kedua bayi kembar ini, Agus mengatakan, bahwa kondisi Azila yang membutuhkan perhatian. Sebab diketahui, sejak 22 Oktober 2019 lalu Azila mengalami konstipasi (keadaan pasca operasi separasi thoracoabdminopagus) yang menyebabkan tidak bisa mengejan untuk mengeluarkan kotoran.

"Karena disebabkan Azila tidak mempunyai M Rectus Abdominus (otot perut) dan otot diafragma yang tidak sempurna. Untuk itu, Azila harus diupayakan BAB setiap hari agar tidak terjadi kembung," jelas dokter yang memantau kondisi Akila dan Azila dari awal.

Sebagai persiapan, Agus Harianto juga sudah mengajarkan cara mengejan pada orang tua Azila dan Akila.

"Kami sudah mengajarkan kepada orang tuanya bagimana posisi mengejan yang baik, yaitu posisi jongkok dengan kaki ditekuk agar tekanan di perut sempurna. Setiap hari harus berak agar feses tidak memenuhi usus besarnya," imbuhnya.

Agus Harianto berharap, pemerintah Kota Kendari segera berkoordinasi dengan pihak RSDS menyangkut kepulangan Azila dan Akila.

"Kami bisa saja memulangkan Azila dan Akila saat ini juga, tapi kami tidak melakukannya, karena akan sangat disayangkan kondisi yang sudah baik ini bila tidak ada perawatan yang berkesinambungan saat pulang nanti. Jadi kami menunggu kesiapan dari Kendari," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jun 2020 11:45 WIB

Viral, Video Baku Hantam Pedagang Bakso Lawan Preman

Reportase

baku hantam pedagang dan pembeli di Kendari

23 Jun 2020 17:52 WIB

Demo Tolak Kedatangan TKA asal China di Bandara Kendari

Nusantara

Mereka kecewa karena Gubernur dan DPRD Sultra memberi ijin para TKA masuk.

19 May 2020 23:30 WIB

PUPR Bangun Jembatan Teluk Kendari Sepanjang 1,34 Km

PUPR

Kementerian PUPR bangun jembatan Teluk Kendari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...