Bayi Kembar Irish Bella-Ammar Zoni Meninggal dalam Kandungan

07 Oct 2019 08:00 Selebriti

Kabar duka baru saja hadir dari pasangan Ammar Zoni dan Irish Bella. Pasangan selebriti ini harus kehilangan bayi kembar mereka.

Bayi kembar berjenis kelamin perempuan itu meninggal dunia di dalam kandungan, pada Minggu 6 Oktober 2019. Proses pemakaman pun telah dilakukan pada malam hari di TPU Kalimulya 1, Depok, Jawa Barat.

Ammar Zoni sendiri lah yang menggendong kedua bayi kembarnya hingga ke tempat peristirahatan terakhir mereka. Ia pula yang memimpin seluruh prosesi pemakaman dua bayinya itu. Sedangkan Irish Bella tak terlihat di lokasi pemakaman karena masih dirawat di rumah sakit.

"Hari ini, anak pertama kami, putri pertama saya dengan Irish harus diambil lagi sama Allah. Karena itu semua titipan dan Allah sekarang sudah meminta titipan itu," kata Ammar Zoni usai pemakaman.

Lebih lanjut, pria 26 tahun itu menuturkan bahwa kondisi istrinya sudah membaik. Kendati demikian Irish Bella masih harus beristirahat total demi memulihkan kembali kesehatannya.

"Ibel (Irish Bella) alhamdulillah kondisinya sudah baik. Sekarang lagi bed rest," jelas Ammar Zoni.

Namun demikian, Ammar Zoni enggan memberikan pernyataan detail terkait penyebab meninggalnya kedua putri kecil yang baru berusia 27 minggu itu. Ammar Zoni tak memberi jawaban apa-apa. Ia pun bergegas meninggalkan TPU.

Sang ayah, Suhendri Zoni yang turut menghadiri pemakaman cucunya, berkenan membagikan nama mendiang kedua cucunya itu. "(Namanya) Ayura binti Akbar dan Ayuna Khadijah binti Akbar," tutur Suhendri.

Namun senada dengan putranya, Suhendri juga tak memberi keterangan lebih lanjut ketika ditanyai perihal penyebab meninggalnya Ayura dan Ayuna.

Seperti diketahui, masa kehamilan Irish Bella telah memasuki 27 minggu. Namun wanita asal Cirebon ini sering mengalami kelelahan. Beberapa kali bahkan berujung pada pendarahan. Pada Agustus 2019 lalu, ia sempat dirawat intensif di rumah sakit.

Sebulan kemudian, Irish Bella kembali mengalami pendarahan dan kontraksi. Selain itu, ia juga diindikasi mengidap infeksi saluran kemih.

Namun kondisi Irish Bella diketahui sudah membaik. Ia hanya perlu memeriksakan secara rutin kondisi kedua buah hatinya dan mencegah infeksi kemihnya.

Terkait infeksi saluran kemih (ISK), juga disebut infeksi kandung kemih, adalah peradangan bakteri di saluran kemih. Dikutip dari American Pregnancy Association, wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk ISK mulai dari minggu 6 hingga minggu 24.

ISK lebih sering terjadi selama kehamilan karena perubahan saluran kemih. Rahim tepat berada di atas kandung kemih. Saat rahim membesar, peningkatan beratnya dapat menghalangi drainase urin dari kandung kemih, menyebabkan infeksi.

Ketika ibu hamil mengalami ISK, risikonya tidak main-main. Salah satunya seperti dialami Irish Bella yakni kontraksi dini. Untuk pencegahannya, ibu hamil diimbau untuk menjaga kebersihan organ intim dan toilet (kamar mandi). Karena ibu hamil akan lebih sering menggunakan toilet selama kehamilan.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini