Para pemain Eintracht Frankfurt saat merayakan gol ke gawang Bayern Munchen. (Foto: Twitter/@eintracht)
Para pemain Eintracht Frankfurt saat merayakan gol ke gawang Bayern Munchen. (Foto: Twitter/@eintracht)
Bundesliga 2019-2020

Bayer Munchen Bertekuk Lutut di Hadapan Eintracht Frankfurt

Ngopibareng.id Liga Jerman 03 November 2019 02:11 WIB

Raksasa Liga Jerman Bayern Munchen secara mengejutkan tumbang dari Eintracht Frankfurt dengan skor fantastis 5-1. Satu-satunya gol Munchen dicetak oleh Robert Lewandowski pada menit ke-37.

Bermain di depan pendukung sendiri, Eintracht Frankfurt seakan-akan menjelma bak raksasa. Mereka tak gentar menghadapi raja Bundesliga Bayern Munchen yang dihuni deretan pemain bintang dunia.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, anak asuh Adi Hutter bermain menyerang. Mereka membombardir pertahanan Munchen. Hasilnya, pada menit ke-9, pemain belakang Munchen Jerome Boateng harus diganjar kartu merah setelah melanggar Gonçalo Paciência beberapa sentimeter di depan kotak penalti Bayern.

Pelanggaran itu menghasilkan tendangan bebas untuk Frankfurt. Sayang eksekusi Gonçalo Paciência masih bisa diblok oleh pagar betis Munchen. Ia juga sempat menendang bola liar hasil pantulan pagar betis. Namun tendangannya masih bisa diamankan Manuel Neuer.

Menit ke-12, Gonçalo Paciência kembali mendapat peluang. Pertahanan Munchen yang kocar-kacir ia manfaatkan dengan tendangan dari luar kotak penalti. Sayangnya, tendangan kaki kiri pemain asal Portugal itu masih jauh di atas gawang Munchen.

Dua menit kemudian, giliran Munchen yang mendapat peluang. David Alaba yang merangsek ke lini tengah, berhasil melepaskan tembakan jarak jauh. Namun sepakannya masih bisa diamankan oleh kiper Frankfurt Frederik Ronnow.

Hilangnya Boateng di pertahanan Munchen benar-benar dieksploitasi oleh anak asuh Adi Hutter. Dimulai dari umpan tarik Danny da Costa yang sempat disambar oleh Djibril Sow dan mengenai badan bek Munchen, bola muntah tersebut jatuh tepat di depan kaki Filip Kostic. Dengan tenang Kostic menyontek bola ke gawang Neuer. Skor 1-0 Frankfurt unggul.

Tertinggal satu gol, Munchen menambah daya serang. Beberapa kali pertahanan Frankfurt dibuat kelabakan. Sayang, sejumlah peluang itu tak ada satupun berbuah gol.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Munchen malah kebobolan lagi. Menit ke-33, berawal dari umpan crossing Kostic, Djibril Sow yang berdiri bebas di depan kotak penalti Munchen dengan tenang mengonversi umpan itu menjadi gol. Skor 2-0 Benjamin Pavard dkk kian tertinggal.

Menit ke-36, suporter tuan rumah sempat dibuat jantungan. Pasalnya Munchen bisa mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Namun ternyata, pencetak gol Munchen Joshua Kimmich sudah berada dalam posisi offside ketika menerima umpan, sehingga gol tersebut dibatalkan.

 

Kali ini jantung publik tuan rumah dipaksa bungkam. Pasalnya Munchen benar-benar berhasil mencetak gol untuk mengubah mengecilkan margin skor. Robert Lewandowski yang berhasil lolos dari kepungan dua pemain belakang Frankfurt dengan lihai melepaskan tembakan ke sisi kiri gawang Frankfurt. Skor berubah 2-1. Skor ini tak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Frankfurt sama sekali tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, baru empat menit babak kedua berjalan, umpan manis Danny Da Costa ke kotak penalti Munchen berhasil disambar oleh David Abraham yang muncul dari belakang. 3-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Menit ke-60, Franfurt hampir saja memperlebar keunggulan. Lagi-lagi berasal dari umpan tarik Da Costa. Sayang, tendangan Bas Dost masih bisa ditepis oleh Neuer.

Tak butuh waktu lama setelah kegagalan itu, Franfurt kian memperlebar jarak. tendangan pojok Kostic dimanfaatkan dengan sempurna oleh sundulan Martin Hinteregger, skor 4-1 Frankfurt memimpin.

Sejak gol Hinteregger, Frankfurt benar-benar menggila. Tercatat ada lebih dari 4 peluang matang yang dihasilkan oleh para pemain Eintracht Frankfurt ke gawang Munchen. Namun, kesigapan Neuer membuat gawangnya selamat dari kebobolan. 

Ketika Eintracht asyik menyerang, bek kiri Munchen Alphonso Davies hampir saja mencetak gol pada menit ke-71. Sayang, tendangan menyusur tanah yang ia lepaskan masih membentur tiang gawang Frankfurt yang dikawal oleh Frederik Ronnow.

Gol penutup kemenangan Frankfurt akhirnya hadir pada 5 menit sebelum pertandingan usai tepatnya di menit ke-85. Berawal dari Andre Silva yang berhasil merangsek ke sisi kanan kotak penalti Munchen, ia kemudian melepaskan umpan kepada Goncalo Paciencia yang berdiri bebas di depan gawang Neuer. Dengan tenang Paciencia berhasil mengoyak gawang Munchen.

Gol kedua Paciencia berhasil menutup kemenangan besar Frankfurt atas Munchen dengan skor 5-1. Berkat kemenangan ini, Frankfurt kini bertengger di urutan keenam. Sementara Munchen di posisi keempat di klasemen sementara.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Feb 2021 06:20 WIB

Lewandowski Trengginas, Lewati Torehan Gol Raul Gonzalez

Liga Champions

Lewandowski lewati pencapaian bomber legendaris Raul Gonzalez.

24 Feb 2021 05:48 WIB

Bayern Munchen Hajar Lazio 4-1

Liga Champions

Bayern Munchen hajar Lazio di babak 16 besar Liga Champions.

23 Feb 2021 11:30 WIB

Prediksi Lazio vs Bayern: Waspadai Kebangkitan Bavaria

Liga Champions

Meski sedang menurun di Bundesliga, Bayern tetap ancaman bagi Lazio.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...