Besaran gaji rata-rata pemain inti Barcelona masih menempati urutan pertama di dunia olahraga. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Bayaran Pemain Inti Barcelona Tertinggi di Dunia Olahraga

Lain-lain 24 December 2019 07:45 WIB

Gaji pemain dari tiga klub raksasa Eropa masih mendominasi daftar bayaran tertinggi dalam dunia olahraga. Hal itu terungkap melalui peneltian edisi kesepuluh Global Sports Salaries dari sportingintelegence.com yang dilaporkan ESPN pada Senin 23 Desember 2019 waktu setempat.

Dari hasil penelitian tersebut para pemain Barcelona, Real Madrid, juara Serie A Italia Juventus menjadi para pemain dengan bayaran termahal. Barcelona menempati puncak daftar pemain dengan gaji tertinggi dengan rata-rata gaji pokok pemain tim intinya 12,8 juta dolar AS.

Angka itu sebenarnya turun dibandingkan tahun lalu ketika Barcelona juga memuncaki daftar dengan rata-rata penghasilan 13,7 juta dolar AS, terutama karena pengaruh penghasilan pokok Lionel Messi yang mencapai 65 juta dolar AS.

Tim rivalnya, Real Madrid menduduki urutan kedua dengan rata-rata 11,6 juta dolar AS. Sementara Juventus menempati urutan ketiga dengan rata-rata penghasilan pemainnya mencapai 10,54 juta dolar AS.

Klub-klub sepak bola lainnya yang berada pada daftar 20 klub top adalah PSG yang bertengger di urutan ke-12, dan Manchester City di peringkat 13.

Angka yang dipakai dalam survei ini merupakan bayaran pokok per tahun belum termasuk bonus, bonus penampilan dan bayaran ekstra lainnya.

Tim-tim NBA mengisi tujuh spot lainnya dalam 10 besar dan menempatkan 15 tim dalam daftar 20 teratas.

Pada 2017, tiga teratas adalah Oklahoma City Thunder, Cleveland Cavaliers, dan Golden State Warriors, sedangkan pada 2018 ketiga tim NBA memiliki rata-rata gaji pemain per tahun 10 juta dolar AS.

Tahun ini, Portland Trail Blazers menempati urutan keempat dengan hanya 10,4 juta dolar AS, Golden State menduduki urutan kelima dengan 10,28 juta dolar AS dan Oklahoma City jatuh ke urutan keenam dengan 9,8 juta dolar AS.

Dari tim berperingkat 21 sampai 30 besar tahun ini, sembilan di antaranya adalah tim-tim NBA, yang hanya diselipi Bayern Muenchen pada nomor 22.

Juventus berada pada urutan ke-32 pada 2017, tetapi melonjak ke urutan 10 tahun lalu setelah membeli Cristiano Ronaldo dan pemain-pemain mahal lainnya.

Sumber: Antaranews

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 06:25 WIB

Antara Mbah Lim dan Gus Dur: Batur, Batir, dan Botoh

Humor Sufi

Catatan unik manusia legendaris bagi kalangan santri

09 Jul 2020 05:35 WIB

Insan Kamil, 'Penghubung' Antara Yang Ilahi dan Yang Dunia'

Khazanah

Meraih kebahagiaan dunia akhir, menuju Insan Kamil

09 Jul 2020 05:14 WIB

Rapid Test

Dahlan Iskan

Rapid test sudah menjadi bisnis besar. Juga sudah ikut menguras anggaran.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...