Ilustrasi Bawaslu Surabaya. (Foto:Dok. Ngobar)

Bawaslu Surabaya Siap Sambut Pilwali 2020

Surabaya 30 July 2019 12:18 WIB

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Surabaya Agil Akbar yang baru terpilih dalam rapat pleno menggantikan Hadi Margo Sambodo yang terkena sanksi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), menyatakan siap menyambut pelaksanaan Pilkada (Pilwali) Surabaya 2020.

"Menyambut Pilkada 2020, Bawaslu Surabaya sedang merencanakan serangkaian kegiatan agar penyelenggaraan Pilkada 2020 tersebut berlangsung lancar sesuai ketentuan perundang-undangan," kata Agil Akbar, di Surabaya, Selasa.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya perlu meningkatkan kualitas dalam hal pengawasan dan pencegahan selama tahapan Pilkada Surabaya 2020.

Menurut dia, pihaknya perlu melakukan evaluasi dan menarik inti dari kekurangan serta peluang dari Pemilu 2019. Selain itu, lanjut dia, termasuk proses memperbaiki kepercayaan publik dan dan komunikasi dengan stakeholder terkait.

Agil bersama komisioner Bawaslu Surabaya lainnya berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan di lembaga yang dipimpinnnya itu.

Anggota Bawaslu Surabaya Yaqub Baliyya membenarkan sudah ada rapat pleno terkait pemilihan Ketua Bawaslu Surabaya yang baru.

"Iya sudah bermufakat untuk voting, dan hasil voting dimufakati sebagai ketua. Intinya ya itu hasil mufakatnya. Jadi sudah tidak ada masalah," ujarnya.

Rapat pleno penggantian Ketua Bawaslu Surabaya terkait Tindak Lanjut Putusan DKPP Nomor: 87-PKE-DKPP/V/2019 digelar bertepatan dengan Rapat Koordinasi Bawaslu Jatim di Batu pada 23 Juli 2019.

Rapat pleno tersebut dihadiri semua komisioner Bawaslu Surabaya, yaitu Agil Akbar, Hadi Margo, Hidayat, Usman, dan Yaqub Baliyya. Hasil pleno tersebut memutuskan Agil Akbar menggantikan Hadi Margo. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Jul 2020 14:15 WIB

Ketua LTMPT Imbau Peserta UTBK Tahap Dua Rapid Test

Pendidikan

Rapid test sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, dan jangan mendadak.

12 Jul 2020 12:50 WIB

Pilbup Malang, Seribuan Petugas Tuntas Verifikasi Dukungan Paslon

Pilkada

Verifikasi bakal pasangan calon perseorangan tingkat desa tuntas dilakukan.

11 Jul 2020 20:45 WIB

Pasca Rekom Turun, Dito Ikuti Rapat Konsolidasi Partai

Politik

Ia mengikuti rapat kondolidasi partai PDIP Kabupaten Kediri

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...