Aksi Bela Partai Bulan Bintang di depan Kantor KPU beberapa waktu lalu. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Bawaslu Loloskan PBB, Apa Kata KPU?

05 Mar 2018 02:56

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Menyusul keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengabulkan gugatan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai peserta Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan mempelajari hal itu.

"KPU akan mengkaji terlebih dahulu. Kami akan pelajari hasil keputusan ini," ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari, usai sidang di Jakarta, Minggu, 4 Maret 2018.

Bawaslu menetapkan Partai Bulan Bintang sebagai partai politik peserta Pemilu untuk tingkat DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota dalam sidang yang dipimpin Ketua Bawaslu, Abhan. Selain itu, Bawaslu juga meminta KPU untuk melaksanakan keputusan tersebut tiga hari setelah keputusan tersebut dibuat.

Sementara itu, KPU menyatakan PBB tidak memenuhi syarat verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019.

PBB dinyatakan memenuhi syarat verifikasi kepengurusan Parpol di tingkat pusat dan provinsi. Namun, tidak untuk kepengurusan dan keanggotaan di tingkat kabupaten/kota khususnya di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, tidak memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan sekurang-kurangnya 75 persen.

Partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra itu kemudian melayangkan gugatan kepada Bawaslu pada 19 Februari 2018. (frd/ant)