Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi. (Foto: frd/ngopibareng.id)
Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi. (Foto: frd/ngopibareng.id)

Bawaslu: Kontroversi Puisi Sukmawati Tak Berimbas ke Pilgub Jatim

Ngopibareng.id Jawa Timur 04 April 2018 16:40 WIB

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur mengatakan kontroversi puisi 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarnoputri yang dianggap mendeskreditkan ajaran agama tertentu tak berimbas pada Pilgub Jatim.

Diketahui, salah satu calon wakil gubernur Jatim mempunyai hubungan keluarga dengan Sukmawati. "Kami belum menemukan pelanggaran atau fitnah yang diarahkan pada salah satu calon terkait puisi itu," kata Komisionaer Bawaslu Jatim Aang Kunaifi, pada ngopibareng.id, Rabu, 4 April 2018.

Isu suku, agama, ras, dan antar golongan (Sara) rentan dipolitisasi oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab, seperti halnya pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Aang menilai kasus semacam itu tak sepatutnya terjadi di Jatim.

"Bila ada pihak-pihak yang merasa tersinggung, sebaiknya melaporkan pada pihak yang berwenang, dan tak perlu melakukan tindakan-tindakan yang bisa merugikan diri-sendiri dan orang lain," katanya

Sukmawati kini tengah menjadi perbincangan publik, lantaran puisinya berjudul 'Ibu Indonesia' yang dibacakan saat acara peringatan '29 tahun Anne Avantie Berkarya' beberapa waktu lalu dianggap mencederai ajaran agama Islam.

Puisi itu pun menjadi kontroversi. Kata dalam bait puisi itu dianggap telah melecehkan agama Islam. Seperti membandingkan konde dengan cadar dan kidung dengan suara Azan. (frd)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Sep 2020 10:20 WIB

Sukmawati Soekarnoputri Trending Usai Membahas Ideologi PKI

Nasional

Nama Sukmawati Soekarnoputri jadi trending Twitter Indonesia.

22 Sep 2020 16:35 WIB

Polda Jatim Sosialisasikan Maklumat Kapolri dalam Pilkada

Pilkada

Maklumat Kapolri dalam Pilkada tidak mengundang banyak kerumunan.

16 Sep 2020 15:10 WIB

Bawaslu Jatim Imbau Paslon Perhatikan Protokol Saat Kampanye

Pilkada

Bawaslu sudah memetakan zona rawan Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...