Bawa Jurnal Psikologi di Kancah Internasional , Ini Langkah UINSA

10 Oct 2018 14:39 Pendidikan

Dalam rangka internasionalisasi Fakultas Psikologi dan Kesehatan, dalam memosisikan diri di tengah masyarakat luas. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) berusaha agar pemikiran terkait masyarakat sehat dalam konsep masyarakat Islam dapat menjangkau dunia internasional.

Untuk itu, UINSA khususnya Fakultas Psikologi berusaha keras dalam membawa Jurnal Psikologi ke arena yang lebih luas. Dalam kaitan inilah, Fakultas Psikologi universitas berlokasi Jalan A Yani Surabaya ini, untuk kali pertama mengadakan Opening International Conference On Sustainable Health Promotion 2018 di GreenSA Inn Hotel, Juanda Surabaya.

Dalam pembukaan acara tersebut, Selasa malam 9 Oktober, hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Kohar Hari Santoso, Rektor UIN Sunan Ampel Prof Masdar Hilmy, Pakar Psikologi Prof Dr Jas Laeli Suzana Jaafar University Of Malaya, dan Dr. Khadizah Binti Haji Abdul Mumin Universiti Brunei Darussalam.

"Psikologi dan Kesehatan pihak kampus bertekat memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi kemajuan Indonesia. Melalui upaya yang terus menerus dalam rangka peningkatan pengetahuan kesehatan dan hidup sehat."

Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, MAg menjelaskan, Fakultas Psikologi yang awalnya 2 kali gabung dengan fakultas lain. Kabar baiknya, pada 2018 sudah resmi berdiri sendiri dan akan berkiprah di kancah internasional. Melalui tukar pengalaman, akademik, dan ilmu pengetahuan dalam agenda konferensi internasional akan ditindaklanjuti setiap tahunnya.

Menurutnya, selama ini yang sudah dilakukan, salah satunya mengakreditasi jurnal ilmiah internasional. Pihaknya akan memasukkan artikel ke jurnal internasional. Sedangkan di Fakultas Psikologi dan Kesehatan, merintis jurnal-jurnal dari para dosen baik dalam kampus maupun luar kampus.

“Untuk tahap awal, melalui produk akreditasi jurnal ilmiah, harapan kami tulisan teman-teman nantinya berkoding The International Standard Book Number (ISBN). Target kami, dalam seminar ini tulisan teman-teman bisa dimuat di jurnal internasional yang berepotasi,” ungkapnya.

Sedangkan Masdar Hilmy mengungkapkan sangat mengapresiasi agenda tersebut. Karena menurutnya hadirnya Fakultas Psikologi dan Kesehatan pihak kampus bertekat memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi kemajuan Indonesia. Melalui upaya yang terus menerus dalam rangka peningkatan pengetahuan kesehatan dan hidup sehat.

Menurutnya aksi itu harus direalisasikan dalam program kerja, bahwa kita bertanggung jawab. Bukan hanya mengucapkan tetapi melakukan program aksi nyata. “Aksi Psikologi mendatang, kami berambisi memiliki Prodi Ilmu Kesehatan,” tambahnya. (adi)