Maskapai Wings Air menerbangi Jember perdana di tengah pandemi. (Ilustrasi/Unsplash.com)

Bawa 9 Penumpang, Wings Air Terbang dari Surabaya ke Jember

Ekonomi dan Bisnis 14 July 2020 16:40 WIB

Sebanyak sembilan penumpang dari Surabaya diterbangkan oleh Wings Air ke Bandara Notohadinegoro, pada Selasa 14 Juli 2020. Pesawat yang sama pulang ke Surabaya membawa 16 penumpang. Penerbangan ini menjadi yang pertama sejak mulai beroperasi pada 1 Juli 2020, lantaran sepinya penumpang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo mengatakan jika penerbangan itu menjadi yang pertama bagi Wings Air di tengah pandemi Covid-19 dan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. “Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya, Selasa 14 Juli 2020.

Wings Air kembali membuka rute penerbangan Jember-Surabaya PP setiap hari sejak 1 Juli 2020, namun selalu batal terbang karena sepinya penumpang. Pesawat jenis ATR 72-600 tersebut sukses terbang pada hari ini dengan membawa sembilan penumpang dari Surabaya ke Jember, dan 16 penumpang dari Jember kembali ke Surabaya.

Dalam penerbangan perdana di tengah pandemi itu, Wings Air sempat mengalami delay saat hendak mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember. Pesawat baru mendarat pukul 12.10 WIB dari jadwal semula pukul 11.20 WIB. Akibatnya, pesawat juga mengalami delay saat lepas landas pada pukul 12.35 dengan jadwal seharusnya pukul 11.20 WIB. Keterlambatan disebut akibat faktor cuaca.

Selain itu, dalam penerbangan di tengah pandemi, penumpang diminta datang lebih awal sekitar tiga jam sebelum keberangkatan. Penumpang wajib menjalani protokol kesehatan seperti mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, mengisi kartu kewaspadaan, dan wajib membawa hasil tes cepat nonreaktif.

Menurutnya, selama pandemi penumpang pesawat terbang menurun tajam. “Sehingga kami mendorong Wings Air untuk terbang kembali agar meningkatkan roda perekonomian di Jember," imbuhnya.

Meski hari ini Wings Air terbang, namun ia tak bisa memastikan apakah burung besi itu akan kembali mengudara pada Rabu 15 Juli 2020. Pihaknya akan bertugas menyiagakan Bandara Notohadinegoro Jember untuk bisa dipakai setiap hari, sedangkan operasional Wings Air sepenuhnya tergantung maskapai sendiri.

(Antara)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:26 WIB

Tegal Diminta Lebih Serius Tangani Pandemi

Nusantara

Ganjar minta pemerintah Tegal lebih serius.

07 Aug 2020 23:15 WIB

10 Hari Lagi Rumput Standar FIFA untuk GBT Datang

Surabaya

Pemkot Surabaya sedang mempercepat pengerjaan renovasi GBT

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...