Jadwal Semula Batal, Timnas U-16 Lawan India Bulan Depan

17 Jan 2020 22:58 Timnas

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan pertandingan persahabatan antara Tim Nasional (Timnas) U-16 melawan Timnas India U-16 dibatalkan dari rencana semula. Gantinya, tim dari India meminta uji coba diundur pada bulan depan.

Pembatalan yang disampaikan melalui surat itu menyebutkan jika Timnas India terkendala situasi yang tidak dapat dihindari.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti Tukiman menjelaskan jika uji coba rencananya akan berlangsung pada 23 dan 29 Januari 2020. Namun India meminta uji coba diundur pada bulan depan.

“Tapi rencananya mereka minta diganti bulan depan untuk uji coba,” kata Bima Sakti Tukiman, saat ditemui di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat 17 Januari 2020.

Meski batal, kondisi tersebut tak mematahkan semangat para punggawa Garuda Muda untuk terus berlatih. Justru, waktu kosong ini akan dimanfaatkan betul untuk mempersiapkan tim.

Sebagai ganti, mantan pemain Persema Malang itu mengaku, tengah melakukan komunikasi dengan tim yang tampil Piala Soeratin Jawa Timur untuk bisa beruji coba dengan tim besutannya. Baginya uji coba ini penting untuk melihat progress latihan yang dilakukan.

Tak hanya melakukan pemusatan latihan dalam negeri saja, Timnas U-16 juga akan melakukan pemusatan latihan di luar negeri sekaligus uji coba dengan tim luar jelang gelaran Piala Asia U-16 2020, dan Piala AFF U-16 2020.

“Ada agenda Juli itu uji coba ke luar. Harapan kita bisa uji coba seperti tahun kemarin sebelum terjun kualifikasi Piala Asia sempet main juga di Myanmar, di Qatar. Untuk menguji mental mereka dan performa mereka,” katanya.

Bima Sakti mengaku, masih ada banyak pekerjaan rumah yakni mematangkan organisasi permainan, kemudian meningkatkan skill individu pemain, dan paling penting transisi permainan.

“Saya sempat ketemu Shin Tae young. Dia berpesan perbaiki stamina dan memang kita bikin satu line latihan juga, sama dia mempersilahkan melihat Timnas U-19 bahkan yang senior berlatih,” aku Bima.

Penulis : Fariz Yarbo
Editor : Dyah Ayu Pitaloka


Bagikan artikel ini