Rivky Mokodompit dan Arif Satria. (Foto: Persebaya.id)

Baru Gabung Persebaya, 2 Pemain Ini Langsung Dipanggil Timnas

Timnas 22 July 2020 19:15 WIB

Tak sampai semusim berseragam Persebaya Surabaya, tampaknya Rivky Mokodompit dan Arif Satria sudah mendapat berkah. Bagaimana tidak, setelah bertahun-tahun bermain sepak bola di Liga Indonesia. Baru kali ini mereka dipanggil Timnas, khususnya untuk Rivky.

Dalam pemanggilan kali ini, usia Rivky sebenarnya sudah tak muda lagi, 31 tahun. Sebelum membela panji Bajol Ijo, Rivky bergabung dengan tim-tim besar di Liga Indonesia. Mulai berkarier sejak tahun 2006, kiper utama Persebaya ini sudah berseragam sembilan klub.

Mulai dari Persibom Bolaang Mongondow (2006-2008), Persita Tangerang (2008-2009 & 2010-2011), Persitara (2009-2010), Sriwijaya FC (2011-2013), Putera Samarinda (2013-2014), Mitra kukar (2015), Semen Padang (2016), PSM Makassar (2017-2019), Persebaya Surabaya.

Mungkin, ini adalah kesempatan bagi Rivky untuk menyampaikan ke publik bahwa ia salah satu penjaga gawang hebat di Indonesia. Meski sudah tak muda, Rivky harus siap mengawal panji merah-putih dengan segenap raganya. Jika sukses, bukan tak mungkin ia akan disejajarkan dengan kiper Indonesia lainnya, seperti Jendri Pitoy, Ferry Rotinsulu, Markus Horison Andritany Ardhiyasa.

Sama dengan Rivky, pemanggilan ini merupakan yang pertama bagi Arif Satria. Bedanya, kariernya bersama timnas bisa lebih panjang karena usianya yang masih muda, 24 tahun. jika tampil apik dalam TC nanti, bukan tak mungkin ia akan menjadi langganan Timnas Merah Putih.

Sebenarnya penampilan apik Arif sudah terlihat sejak berkostum Persela Lamongan musim lalu. Ia mencatatkan 56 kali tampil untuk Laskar Joko Tingkir. Bahkan ia sudah dipercaya sebagai kapten Persela di bawah arahan Aji Santoso.

Namun keberuntungan tak berpihak bagi dirinya. Penampilan impresifnya sama sekali tak membuat pelatih timnas dan PSSI memanggilnya. Kini kesempatan itu datang saat ia sudah berseragam Persebaya Surabaya.

Dengan umur yang masih muda, fisik yang menunjang, bukan tak mungkin mantan pemain Semen Padang dan Persis Solo itu akan menjadi pilihan utama pelatih Timnas selanjutnya. Kini, yang harus berhati-hati adalah Persebaya, tim yang ia perkuat kini.

Jika penampilan Arif stabil, ia akan sering meninggalkan Persebaya. Selain itu, ia dipastikan akan menjadi incaran tim-tim besar lainnya di Liga Indonesia. Seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makassar, hingga Bali United.

Terlepas dari situasi sulit yang akan dihadapi Persebaya nanti, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mengakui, pemanggilan dua pemain utamanya itu adalah prestasi tersendiri bagi klub Bajul Ijo. 

"Ini menunjukan bahwa Persebaya sebagai tim yang sukses meningkatkan kualitas pemain. Tinggal sekarang bagaimana mereka semua bisa merebut satu posisi di timnas ini perlu fokus, disiplin dan kerja keras," ujar Aji.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:41 WIB

1.540 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19

Nasional

Tambahan kasus baru Covid-19 WNI di luar negeri sebanyak 8 orang.

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...