Baru 3 Hari Dipasang Portal Jembatan Muharto Ambruk

05 Oct 2019 20:46 Jawa Timur

Portal jalan di sisi timur Jembatan Muharto, Kota Malang, yang baru dibangun tiga hari lalu -- pada Kamis 3 Oktober 2018 -- ambruk disamber truk air. Diduga truk pengakut air tersebut menabrak portal Jembatan Muharto pada pukul sekitar 09.45 WIB, Sabtu 5 Oktober 2019.

“Iya dari keterangan warga sekitar. Saat itu ada kendaraan truk air yang menabrak portal jembatan dari arah timur sana,” tutur Rhendy Arianto, seorang petugas piket Jembatan Muharto, Dinas Perhubungan (Dishub), Kota Malang, di lokasi kejadian.

Rendy mengungkapkan, truk pengangkut air tersebut menabrak portal tersebut. Karena pada waktu itu petugas dari Dishub yang piket sedang fokus untuk mengatur jalanan bagi peserta Yuzu Indonesia Masters 2019.

“Kami saat itu tidak ada yang stand by di sini. Kami semua dibagi untuk menjaga lalu lintas peserta turnamen Badminton Yuzu Indonesia Masters 2019 di Gor Ken Arok. Akhirnya ya kecolongan,” tuturnya yang bertugas menjaga jalan Muharto sore hari itu.

Namun, ia mengatakan, portal setinggi 2,5 meter tersebut tidak bisa langsung dibenahi langsung hari ini. Sebab, lanjut Rhendy, dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini libur.
.
“Ya kan Dinas PUPR hari ini libur jadi rencannya Senin kami akan bangun lagi. Kalau sepi pulang,” pungkas Rhendy.

Sebagai informasi, dua portal besi setinggi 2,5 meter tersebut dibangun untuk membatasi kendaraan besar seperti truk untuk melewati Jembatan Muharto.

Sebab-musababnya jembatan itu mengalami kerusakan di beberapa titik seperti deformasi di lantai jembatan sekitar 10 sentimeter dan penompang lantai jembatan mengalami kerusakan akibat korosi.

Dari hasil uji forensik Dinas PUPR, Kota Malang, korosi menimpa gelagar yang menyangga rangka jembatan. Korosi tersebut disebabkan air yang mengalir dari retakan plat menuju ke gelagar.

Dari sembilan gelagar yang ada di Jembatan Muharto, lima gelagar kondisinya cukup memprihatinkan. Bahkan, web dan flens yang ada di jembatan itu juga terputus. Sementara, di bawah jembatan juga terdapat retakan di bagian lantai beton.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini