La Liga 2019-2020Barcelona Menderita Di Laga Pembuka La Liga

17 Aug 2019 04:36 Liga Spanyol

Barcelona menderita pada laga pembuka La Liga. Adalah Aritz Aduriz yang membuat juara bertahan La Liga itu harus terluka di laga perdananya di La Liga 2019-2020. Masuk ke lapangan hanya dua menit menjelang waktu normal berakhir, penyerang gaek Athletic Club itu menjadi penentu kemenangan timnya lewat gol semata wayangnya.

Dalam pertandingan yang berlangsung Sabtu 17 Agustus 2019 di Stadion San Mames, Athletic sebetulnya lebih banyak bertahan. Hanya sesekali Iker Muniain dkk melakukan serangan balik yang berkali-kali gagal membuahkan hasil.

Sementara Barcelona terus mendominasi jalannya pertandingan. Tim besutan Ernesto Valverde bahkan memiliki penguasaan bola 72 persen berbanding 28 milik tuan rumah. Namun, rapatnya barisan pertahanan Athletic membuat para pemain Barca frustrasi.

Masuknya Ivan Rakitic menggantikan Charles Alena di awal babak kedua sebetulnya mampu meningkatkan daya gedor Barca di babak kedua. Tapi buruknya penyelesaian Blaugrana membuat sejumlah peluang yang mereka miliki terbuang percuma.

Kesialan Barca di laga ini sudah terlihat sejak babak pertama, dimana dua peluang emas yang mereka dapatkan gagal berbuah gol. Kesempatan pertama dimiliki Luiz Suarez ketika tinggal berhadapan dengan kiper Unai Simon. Sayang sepakan penyerang Uruguay itu hanya membentur mistar.

Kans kedua dimiliki pengganti Suarez yang ditarik keluar karena cedera, Rafinha. Tembakan melengkung yang ia lepaskan dari luar kotak penalti lagi-lagi menerpa mistar gawang.

Meski kalah jauh dalam penguasaan bola, bukan berarti Athletic tak memberikan ancaman. Sama dengan Barca, dua kali pula Athletic nyaris membobol gawang Barca melalui Inaki Williams dan Raul Garcia. Sayang, keduanya mampu digagalkan Marc Ander Ter Stegen.

Penderitaan Barca tiba satu menit menjelang waktu normal berakhir. Aduriz mencetak gol salto spektakuler yang tak mampu dibaca oleh Ter Stegen. Meski masih ada sekitar empat menit waktu tersisa, Azulgrana gagal memaksimalkan sejumlah peluang dan harus mengakui keunggulan 1-0 Athletic.

Kekalahan ini pun menjadi evaluasi bagi Ernesto Valverde yang di pertandingan ini tidak bisa menurunkan Lionel Messi karena cedera. Valverde juga harus berpikir keras karena ada kemungkinan mereka akan kehilangan Luis Suarez di pertandingan selanjutnya. Sebab, penyerang Uruguay itu mengalami cedera di laga perdana ini.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini