Perabot Rumah Tangga. Foto :perabotplastik.com
Perabot Rumah Tangga. Foto :perabotplastik.com

Barang Yang Ditagih ke Roy Suryo Mulai Sendok hingga Pompa Air

Ngopibareng.id Politik 06 September 2018 13:20 WIB

Pengacara Roy Suryo, Tigor Simatupang menyebutkan kliennya saat ini telah menerima lampiran barang yang harus dikembalikan ke kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga. Namun surat tagihan asli dari Kemenpora yang tertanggal 1 Mei 2018 ternyata belum sampai ke Roy Suryo.

"Lampirannya ada, baru-baru ini dikirimkan," kata Tigor Simatupang, Kamis 6 September 2018.

Dalam lampiran itu, beberapa perabot rumah tangga disebutkan dan harus dikembalikan. "Ini apa? Satu set sendok dihitung satu-satu, bor, kabel-kabel, pompa air juga," ujar Tigor.

Padahal, kata Tigor, pembelian barang itu dilakukan oleh bawahan Roy Suryo saat menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga. Menurut dia, tanggungjawab pembelian berada di bawahan Roy Suryo seperti kepala bagian rumah tangga.

"Apa iya, menteri ngurusin gituan? yang ngerjain (belanja) kan kabag-kabagnya. Memang Pak Roy yang manggilin kan enggak? Masa kita sewa tukang, masa kita beli bor juga beli obeng juga," ujarnya.

Sekadar diketahui melalui Sekretaris Kemenpora, Roy Suryo diminta mengembalikan ribuan barang yang dibawa saat dirinya menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga. Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto mengatakan, surat penagihan kepada Roy Suryo didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan Surat Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1711/MENPORA/INS/VI/2016 tanggal 17 Juni 2016 tentang Pengembalian Barang Milik Negara.

Selain itu, BPK juga sempat melakukan audit terhadap Kemenpora. Hasilnya ada sejumlah BMN yang belum dikembalikan ke negara. BMN itu ada pada Roy Suryo.

Gatot mengatakan bahwa BMN yang belum dikembalikan Roy di antaranya adalah barang-barang elektronik. "Jadi, dulu pernah membeli sesuatu, pembeliannya lalu ditanggung Kemenpora. Misalnya barang elektronik," ujar Gatot.

Selain barang elektronik juga ada barang lain yang dibawa Roy Suryo. Namun, Gatot enggan merinci barang-barang tersebut. (man)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 13:48 WIB

Hormati Keputusan Polri, PSSI Tunda Lanjutan Liga 1 dan Liga 2

Liga Indonesia

PSSI tunda liga dengan alasan keselamatan.

16 Sep 2020 15:05 WIB

Kemenpora Hadiahi Workshop Iptek Angkat Besi Jatim dan PPLP

Lain-lain

Pengembangan Iptek dalam peningkatan kualitas pelatih.

11 Sep 2020 07:11 WIB

Roy Suryo: Tak Ada Pelanggaran UU ITE di Video Tank Lindas Motor

Nasional

Video tank melindas 4 unit motor dan gerobak viral di media sosial.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...