Proses launching tim kampanye pemenangan Bapaslon Bupati Malang, Sanusi dan Didik Gatot Subroto (Foto: istimewa)

Petahana Ikut Pilkada, Tim Kampanye Bupati Malang Diresmikan

06 Aug 2020 11:05

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Malang, Muhammad Sanusi dan Didik Gatot Subroto (Sandi) meresmikan tim kampanye pemenangan pada Rabu 5 Agustus 2020, kemarin.

Tim kampanye pemenangan tersebut diberi nama Malang Makmur. Bapaslon Sandi sendiri sampai saat ini sudah diusung oleh lima partai politik yaitu, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Gerindra, PPP dan Partai Demokrat.

Ketua Tim Kampanye, Hari Sasongko mengatakan, mendekati agenda pendaftaran Bapaslon, pihaknya akan segera menyusun berbagai langkah taktis untuk memenangkan calon petahana tersebut pada 9 Desember 2020, nanti.

"Perlu diketahui bersama bahwa tim kampanye, utamanya (tujuan) mengantar (pada kemenangan) pasangan Sandi pada Pilkada 9 Desember," tuturnya pada Rabu 5 Agustus 2020, malam.

Untuk mengantarkan Pasangan Sandi menuju kemenangan pada Pilbup Malang 2020, nanti, tim kampanye, ujar Hari akan segera menyusun program kerja dan divisi-divisi terkait yang akan bergerak mulai dari tingkat kecamatan sampai desa.

"Progresnya untuk tim kecamatan sudah kami launching ke masing-masing pengurus partai pengusung dan relawan, untuk segera menindaklanjuti pembentukan (tim penggerak pemilih)," katanya.

Selain itu, di dalam masa pandemi Covid-19 ini, Hari menerangkan, pihaknya juga tidak akan melakukan kampanye terbuka untuk menghindari adanya kerumunan sebagai media penularan Covid-19.

Menurutnya, hal itu justru menjadi tantangan bagi timnya untuk bisa menghadirkan kampanye dengan cara lain agar program-program yang diusung oleh Paslon Sandi sampai kepada calon pemilih. "Dalam situasi saat ini, kami hindari kampanye yang bersifat terbuka. Kemungkinan kampanye terbuka tidak dilaksanakan. Justru itu jadi tantangan karena kami adalah tim, dari atas hingga bawah," ujar Hari.

Untuk diketahui, setelah vakum beberapa bulan akibat pandemi Covid-19, tahapan agenda Pilbup Malang 2020 sendiri kembali dilanjutkan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020, tentang Tahapan, Program dan Jadwal, Pemilihan Kepala Daerah (2020).

Mengacu kepada PKPU Nomor 5 Tahun 2020, jadwal pemungutan suara Pilbup Malang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, nanti dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.