KPU Kabupaten Kediri menyatakan paslon  telah lolos tes kesehatan (foto : istimewa)
KPU Kabupaten Kediri menyatakan paslon telah lolos tes kesehatan (foto : istimewa)
Pilbup kediri 2020

Bapaslon Tunggal Pilkada Kediri, Dito-Dewi Lulus Tes Kesehatan

Ngopibareng.id Pilkada 18 September 2020 08:40 WIB

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa dinyatakan lulus tes kesehatan. Hasil tes pemeriksaan kesehatan ini disampaikan Anwar Anshori selaku Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri.

Menurut Anwar Ansori, pihaknya telah menerima hasil tes kesehatan dari tim pemeriksa pada 16 September. Setelah hasil tes diterima pihaknya kemudian menggelar rapat pleno untuk membahas hal ini. "Kami memiliki kewajiban untuk menyampaikan ke Bapaslon hasil dari pemeriksaan yaitu tanggal 17-18 September 2020.Kami lakukan jam tujuh malam, sudah disampaikan kepada yang bersangkutan,dinyatakan telah memenuhi syarat," terang Anwar Ansori .

Karena dinyatakan telah memenuhi persyaratan kesehatan, KPU Kabupaten Kediri akan melangkah ke proses tahapan selanjutnya yakni verifikasi syarat pencalonan. "Itu artinya apa. bahwa Bapaslon ini nanti akan mengikuti proses selanjutnya. Nanti kami lakukan, untuk rapat pleno terbuka ditanggal 19 September 2020. Hasil verifikasi syarat calon ini, akan kami sampaikan dirapat pleno terbuka yang nanti dilakukan pada tanggal 19 September 2020," paparnya .

Jika dalam proses verifikasi syarat calon nantinya, kelengkapannya sudah absah, maka tidak perlu dilakukan perbaikan. "Jadi nanti tinggal masuk pada tahapan berikutnya, yaitu penetapan pasangan calon,"ungkap Anwar Ansori. Sesuai jadwal, penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020. Dalam hal ini, pihaknya akan menetapkan pemilihan dengan satu pasangan calon. "Kemudian pada tanggal 24, kami lakukan untuk pengundian tata letak," jelasnya.

Anwar Ansori kembali menegaskan, jika Bapaslon, telah memenuhi persyaratan, setelah dinyatakan sehat jasmani rohani dan bebas dari penyelagunaan narkoba. Ia mereview, pada pelaksanaan hari pertama pada tanggal 15 September 2020, bersangkutan telah mengikuti piskotes, kemudian pada tanggal 16 September 2020 menyusul dilaksanakan tes jasmani.

Seperti diketahui pemilihan Bupati -Wakil Bupati Kediri menurut rencana akan dilaksanakan di penghujung tahun, di bulan Desember 2020.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Oct 2020 23:35 WIB

Presiden FIFA Gianni Infantino Positif Covid-19

Dunia

Presiden FIFA menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

27 Oct 2020 22:56 WIB

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Trenggalek

Jawa Timur

Banjir bandang melanda kabupaten Trenggalek.

27 Oct 2020 22:40 WIB

Antisipasi Covid di Cuti Bersama, Bupati Pasuruan Terbitkan SE

Ngopibareng Pasuruan

Ada 11 poin dalam SE Bupati Pasuruan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...