Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono. (Foto: Muh. Hujaini/Ngopibareng.id)

Banyuwangi Tambah Satu Pasien Positif Covid-19, Satu Sembuh

Jawa Timur 30 May 2020 22:23 WIB

Banyuwangi kembali mencatatkan pasien positif Covid-19. Pasien yang dinyatakan sebagai pasien 09 ini merupakan seorang tenaga kesehatan dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya. Selain mencatatkan tambahan pasien positif, hari ini juga ada pasien positif yang dinyatakan sembuh, yakni pasien 07.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, menyatakan pasien 09 ini merupakan seorang tenaga kesehatan. Dia  memiliki kontak erat dengan pasien 03, yaitu seorang tenaga kesehatan dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya.

"Ada satu lagi yang positif. Sehingga total ada 9 pasien positif,” ujar pria yang akrab dipanggil Rio ini, Sabtu, 30 Mei 2020.

Dia menjelaskan, pasien terbaru atau pasien 09 tersebut adalah seorang tenaga kesehatan yang juga memiliki kontak erat dengan pasien 03, yaitu seorang tenaga kesehatan dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya.

Rio menjelaskan, pasien 09 ini merupakan salah seorang tenaga kesehatan yang mengikuti rapid test massal untuk tenaga kesehatan pada 19 Mei 2020. Saat itu, 23 tenaga kesehatan hasil rapid test-nya reaktif.

"Kepada 23 tenaga medis ini, saat itu kita ambil swab untuk diuji di Surabaya. Hasilnya, ada satu yang dinyatakan positif sebagai pasien 09. Sedangkan 22 orang lainnya negatif," katanya.

Secara klinis kondisi pasien 09 baik, sehingga yang bersangkutan bisa dikatakan sebagai OTG (orang tanpa gejala). Meski begitu, yang bersangkutan dilakukan isolasi di RSUD Genteng.

"Kemudian akan terus dilakukan treatment, dan dalam waktu dekat kita uji swab lagi," kata pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini.

Rio meminta masyarakat untuk tidak terlalu khawatir berlebihan bila akan berobat ke fasilitas kesehatan meski ada petugas kesehatan yang positif Covid-19. Menurutnya Puskesmas maupun rumah sakit telah memiliki protokol keamanan kesehatan.

"Semua sudah menerapkan protokol penanganan pasien dengan baik. Kalau memang merasa perlu ke rumah sakit atau puskesmas, tetap datang saja. Tapi yang terpenting saat ini kita semua harus menjaga kesehatan tubuh agar tidak sakit," kata Rio.

Sementara itu, pasien yang dinyatakan sembuh adalah pasien 07. Warga Kecamatan Siliragung ini sudah dilakukan uji swab yang kedua dan ketiga, hasilnya negatif semua.

"Dengan demikian, jumlah pasien yang sembuh di Banyuwangi ada dua orang dari total 9 kasus positif saat ini. Ada satu meninggal, dan enam lainnya dalam perawatan,” jelasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 15:25 WIB

Begini Aturan Pembedahan di Era Pandemi Covid-19

RS Adi Husada

Begini Aturan Pembedahan di Era Pandemi Covid-19

05 Jul 2020 15:10 WIB

Sahkan Undang-undang Anti Terorisme, Filipina Panen Kritikan

Internasional

Filipina mengesahkan Undang-undang Anti Terorisme.

05 Jul 2020 14:55 WIB

PDIP Tunjuk Ipuk Fiestiandani Sebagai Calon Bupati Banyuwangi

Pilkada

PDIP tunjuk istri Bupati Anas sebagai calon Bupati Banyuwangi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...