Grafik peta sebaran kasus Covid-19 di Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Dok. Pemkab Banyuwangi)

Banyuwangi Tambah Dua Lagi Pasien Covid-19

Jawa Timur 01 August 2020 21:13 WIB

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi mengumumkan penambahan dua pasien terkonfirmasi positif virus corona. Dua pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Dengan penambahan ini jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Banyuwangi berjumlah 58 orang.

"Dari kasus itu, yang masih dalam perawatan ada 12 orang, sisanya yang  44 orang telah dinyatakan sembuh," jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Dijelaskan, pasien 57 adalah seorang pria berusia 57 tahun asal di Kecamatan Srono. Dia bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Muncar. Pria ini punya riwayat melakukan perjalanan dari Surabaya. Pada 21 Juli 2020 yang bersangkutan mengeluhkan demam pusing, lalu berobat ke salah satu klinik kesehatan.

"Tak kunjung membaik, pada 29 Juli dirujuk ke RSUD Blambangan. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif dan diambil swabnya, hasil laboratorium menunjukkan pria tersebut positif terinfeksi virus Corona," jelas Rio, panggilan dr. Widji Lestariono.

Saat ini, pasien 57 dalam perawatan RSUD blambangan. Kontak erat sebanyak 4 orang telah dipantau petugas kesehatan, dan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk pasien 58 adalah seorang pria dan tinggal di Kecamatan Banyuwangi. Pria ini bekerja di salah satu BUMN migas di perairan Gresik. Saat akan kembali bekerja, yang bersangkutan disyaratkan perusahaannya untuk melampirkan hasil tes swab.

"Pria tersebut lalu menjalani tes mandiri, dan hasil lab-nya dinyatakan terkonfirmasi covid 19," jelasnya.

Saat ini, lanjut Rio, gugus tugas sedang melakukan tracing untuk menginventarisir kontak erat dari pasien baru ini. "Tracing terus kita kembangkan," ujarnya.

Gugus Tugas mmengimbau masyarakat untuk tidak lengah dengan terus mematuhi imbauan pemerintah. Selalu menggunakan, cuci tangan sesering mungkin, dan menjauhi kerumunan.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 13:20 WIB

Ponorogo Gelar Balap Sepeda saat Pandemi Covid-19

Jawa Timur

Bupati Cup Ponorogo Drag Bicycle 2020 digelar, Minggu 9 Agustus 2020.

09 Aug 2020 11:12 WIB

Peringati HUT RI ke-75, Pemkot Malang Imbau Warga Upacara Virtual

Jawa Timur

Warga diimbau mengikuti upacara virtual di HUT RI ke-75.

09 Aug 2020 03:00 WIB

Pamekasan Tekan Kerdil Pada Anak dengan Makan Ikan

Jawa Timur

Perbanyak makan ikan laut bisa menurunkan kekerdilan pada anak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...