Ilustrasi sebaran virus corona atau Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Banyak Pasien Sembuh, Camat Singosari Optimis Evaluasi Mendagri

04 Aug 2020 18:29

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Camat Singosari, Kabupaten Malang, Hari Krispiyanto, menyatakan bahwa update terbaru pada Senin 3 Agustus 2020, pasien sembuh di Kecamatan Singosari mencapai 133 orang.

"Yang sembuh sudah banyak kalau sampai kemarin (3 Agustus 2020). Sekitar 133 orang," tuturnya pada Selasa 4 Agustus 2020.

Data terbaru dari laman resmi satgascovid-19.malangkab.go.id, di Kecamatan Singosari saat ini total ada 147 kasus Covid-19. Dari jumlah tersebut sudah ada 133 pasien Covid-19 yang sembuh.

"Jadi ada sekitar belasan yang belum sembuh. Mereka melakukan isolasi mandiri dengan terus dipantau oleh Muspika setempat," kata Heri.

Dengan meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kecamatan Singosari, Heri optimis ketika kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian nanti, hasil evaluasinya akan memuaskan.

"Semoga (hasil evaluasi bagus) karena kami perhari itu ada pasien yang dinyatakan sembuh," tuturnya.

Meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kecamatan Singosari tersebut, menurut Heri, tak lepas dari kerjasama berbagai pihak baik di tingkat desa, kelurahan sampai kecamatan.

"Yang jelas pengawasan dari puskesmas unsur desa serta didukung oleh gugus tugas yang ada, baik ditingkat desa sampai kecamatan. Semua memantau terus (kondisi pasien Covid-19)," ujarnya.

Selain itu, Heri menerangkan Muspika Singosari juga terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 semakin meluas.

"Kami menekankan disiplin kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakek sabun di air mengalir dan hand sanitizer, serta menghindari kerumunan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyampaikan bahwa ia  akan melakukan evaluasi kepada para camat termasuk para kepala dinas di lingkup Pemkab Malang terkait upaya mereka untuk menekan angka kasus Covid-19.

Indikator penilaiannya terang Sanusi yaitu, terdapat penurunan kasus Covid-19 di suatu kecamatan. Untuk proses mutasi ujar Sanusi, tergantung dari evaluasi yang akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang akan datang langsung ke Kabupaten Malang pada 15 Agustus 2020.

Hingga saat ini total jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Malang sebanyak 526 orang dengan rincian sebanyak 131 orang masih menjalani perawatan, 352 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan 43 orang meninggal dunia.