Menanam kebaikan di bumi. (Foto: Istimewa)

Banyak Jalan Menuju ke Surga, Ini Kisah Mengharukan

Islam Sehari-hari 13 November 2019 04:21 WIB

Menebarkan kebaikan di muka bumi, selalu dianjurkan dalam Islam. Bahkan pesan Nabi Muhammad S.a.w. ketika seornag mukmin menebarkan kebaikan di muka bumi, seluruh malaikat menyambutnya dengan kebaikan yang meruah, baik di langit maupun di bumi.

Berikut pesan-pesan kebaikan disampaikan Ustad Keman Maarif, dari Yayasan Pendidikan Maarif Jombang:

Dikisahkan, pada suatu hari, Rasulullah Saw. sedang duduk-duduk bersama para sahabat, "Sebentar lagi, akan muncul di hadapan kalian seorang laki-laki penghuni Surga."

Tiba-tiba munculah seorang laki-laki Anshar yang janggutnya masih basah oleh air wudhu. Dia mengapit kedua sandalnya dengan tangan kiri.

Esok harinya , Rasulullah S.a.w. mengulang perkataan seperti itu, dan esok harinya lagi juga mengulang seperti itu lagi.

Ketika majlis Rasulullah S.a.w. selesai, Abdullah bin Amr bin Ash ra. mencoba mengikuti laki-laki tersebut. Kemudian, Abdullah menghampirinya seraya berkata, "Aku sedang bertengkar dengan ayahku, Bolehkah kiranya aku menginap di rumahmu selama tiga hari ?"

"Oh ya, silakan. Aku tidak keberatan kok". Abdullah pun jadi menginap selama tiga hari tiga malam.

Selama itu, Abdullah ingin menyaksikan ibadah apa yang dilakukan oleh orang itu sehingga Rasulullah Saw. menyebutnya sebagai penghuni Surga. Tetapi selama itu pula, Abdullah tidak melihat sesuatu yang istimewa dalam ibadah orang tersebut.

Akhirnya, Abdullah berkata terus terang kepada orang itu, "Hai hamba Allah, sebenarnya aku tidak bertengkar dengan ayahku. Tetapi, aku mendengar Rasulullah Saw. berkata tentang dirimu sampai tiga kali, bahwa kamu adalah termasuk penghuni Surga, dan aku ingin menyaksikan amalmu supaya aku dapat menirunya."

Laki-laki Anshar itu menjawab,"Yang aku amalkan tidak lebih dari apa yang kamu saksikan, hanya saja aku tidak pernah menyimpan niat buruk terhadap kaum muslimin. Aku tidak pernah menyimpan rasa dengki kepada mereka atas kebaikan yang diberikan Allah kepada mereka."

Jadi, jalan menuju ke Surga itu banyak sekali, yang penting lakukan ibadah dan perbuatan baik secara ikhlas, istiqamah, selalu berprasangka baik serta jangan menyimpan perasaan iri dan dengki kepada siapa pun.

Selain itu kita tidak boleh menganggap remeh kepada orang lain yang menurut pandangan dhohir kita dia itu bodoh dan kurang ibadah atau karena yang lain, karena jangan-jangan dia itu lebih baik dari pada kita di sisi Allah Swt.

Semoga Allah Swt. menakdirkan kita dan seluruh keluarga kita menjadi calon-calon penghuni Surga, dan selalu mendapatkan Ridho-Nya.
Aamiin.......!!!

Semoga bermanfaat buat Sahabat.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jun 2020 02:31 WIB

Meninggal Dunia dengan Hitam di Wajah, Ini Kisah Habib Umar

Khazanah

Tausiyah Habib Umar bin Hafidz yang mengharukan

20 Jun 2020 08:59 WIB

Kisah Hikmah, KH Ahmad Dahlan dan Peralatan Orang Kafir

Khazanah

Kiai Ahmad Dahlan dikenal sangat menghormati para tamu

08 Jun 2020 23:24 WIB

Bersama Sayidina Ali bin Abi Thalib, Ini Pelajaran Rendah Hati

Khazanah

Kisah hikmah Sahabat Nabi Muhammad soal sopan santun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...