Bantu Operasi Maleo, Polda Jatim Kirim 1 SSK Brimob ke Papua

04 Dec 2018 18:10 Nasional

Kepolisian RI Daerah (Polda) Jawa Timur mengirimkan satu SSK (satuan setingkat kompi) atau 100 personel Brimob ke Papua yang akan diberangkatkan, Rabu 5 Desember 2018. 

Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi, Selasa, 4 Desember 2018 membenarkan pengiriman pasukan brimob ke Kabupaten Nduga. Pasukan ini untuk membantu Polda Papua memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Satu kompi Brimob akan dikirim ke Papua besok (Rabu, 5 Desember 2018)," ujarnya saat jumpa pers di Mapolda Jatim. 

Barung menjelaskan satu SSK ini dipilih dari beberapa detasemen. Kesemuanya dipilih berdasarkan kemampuannya untuk menangani situasi yang terjadi di Papua. "Yang jelas mereka dipilih sesuai keahliannya masing-masing," kata Barung.

Barung menambahkan satu SSK itu selain ditugaskan mengejar KKB di Puncak Jaya, juga dikirim ke beberapa daerah yang membutuhkan, seperti kawasan Tembagapura dan Kabupaten Nduga.

"Teknisnya seperti apa, pasukan Brimob itu kita serahkan ke Polda Papua, yang paham dengan situasi di sana. Kami hanya membantu mem-backup sebagai bentuk penguatan Operasi Maleo di Papua," kata Barung.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 31 pekerja infrastruktur di Kabupaten Nduga tewas dibunuh oleh KKB saat pengerjaan proyek jalan Trans Papua. Mereka pekerja proyek pembangunan jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak di jalur Trans Papua, Kabupaten Nduga. (ocn)

Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini