Messi menjadi bintang lapangan saat Barcelona membantai MU 3-0. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Barca lolos semifinal Liga Champions. (Foto: AP)
Messi menjadi bintang lapangan saat Barcelona membantai MU 3-0. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Barca lolos semifinal Liga Champions. (Foto: AP)

Bantai MU 3-0, Barca Melenggang ke Semifinal Liga Champions

Ngopibareng.id Liga Champions 17 April 2019 07:58 WIB

Barcelona berhasil melangkah ke semifinal usai membantai Manchester United (MU) 3-0. Hasil ini membuat Barca lolos dengan keunggulan aggregat 4-0. Messi menjadi bintang di laga ini dengan mencetak dua gol.

Bermain di Estadio Camp Nou, di menit awal Barca justru tertekan. MU mendapat peluang emas di menit pertama saat Marcus Rashford yang berdiri bebas di depan gawang melepaskan tembakan. Namun sepakannya hanya mengenai mistar gawang.

Anthony Martial gagal memanfaatkan peluang di menit ke-8. Tendangannya mampu di blok pertahanan Barca. Barca yang tertekan di awal laga mencoba membangun serangan.

Hasilnya peluang pertama mereka di laga ini berhasil dikonvensikan menjadi gol oleh Lionel Messi. Tembakan melengkung pemain asal Argentina tersebut gagal dihalau oleh kiper MU David De Gea.

Empat menit kemudian blunder Ashley Young di lini pertahanan berakibat fatal. Messi yang menyerobot bola berhasil melepaskan tendangan keras yang gagal diblok dengan sempurna oleh De Gea. 2-0 Barca menjauh.

MU dipaksa bermain bertahan setelah tertinggal dua gol. Messi berkesempatan mencetak Hattrick di babak pertama. Namun peluang matangnya di menit ke-38 berhasil dihalau oleh De Gea. Skor 2-0 menjadi menutup laga di babak pertama.

Di babak kedua Barca tetap memegang kendali permainan. Anak asuh Ernesto Valverde tidak memberi kesempatan sama sekali kepada para pemain MU untuk berkembang.

Saat laga berusia satu jam, Philipe Coutinho memperbesar keunggulan Barca menjadi 3-0. Sepakan melengkungnya dari luar kotak pinalti gagal dijangkau oleh De Gea. Gol ini sekaligus menjawab kritikan kepadanya.

De Gea menjadi pemain tersibuk di laga ini. Di menit ke 72 dia berhasil mengagalkan peluang matang Messi. Barca terus mengurung pertahanan MU.

Namun beberapa peluang masih gagal menemui sasaran. Di akhir laga MU mendapat peluang saat tandukan Sanchez berhasil diblok oleh Marc-Andre Ter Stegen.
Hingga waktu normal berakhir skor 3-0 tidak berubah.

Hasil ini membuat Barca melangkah ke semifinal sejak terakhir kali di musim 2014/2015. Di babak semifinal Barca kemungkinan besar akan bertemu dengan wakil Inggris Liverpool yang pada leg pertama unggul 2-0 atas Porto. (faq)

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 09:39 WIB

Puasa dan Sedekah Ada Batas, Anjuran Zikir Sebanyak-banyaknya

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Pengasuh Ponpes Aswaja Sukolilo Surabaya

27 Nov 2020 08:33 WIB

Habib Luthfi: Jangan Sepelekan Walisongo Keturunan Rasulullah

Khazanah

"Apa jasa kalian di bumi Jawa, bumi Nusantara ini?"

27 Nov 2020 08:15 WIB

Munas X MUI Keluarkan 5 Fatwa, Ini Isinya

Nasional

Salah satu fatwa membas penggunaan sel tubuh untuk vaksin covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...