GP Ansor dengan Bansernya siap bantu ke lokasi korban banjir di Jakarta. (nu for ngopibareng.id)
GP Ansor dengan Bansernya siap bantu ke lokasi korban banjir di Jakarta. (nu for ngopibareng.id)

Banser NU Lakukan Evakuasi Korban Banjir Jakarta

Ngopibareng.id Nasional 02 January 2020 07:01 WIB

Banjir yang melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya menyebabkan ribuan warga hingga saat ini terpaksa mengungsi.

Banser NU sebagai pasukan inti Gerakan Pemuda Ansor melakukan langkah cepat pada 1 Januari 2020. Dengan mendirikan Posko Siaga dan Pelayanan Masyarakat di Wilayah bencana, yaitu di Lebak, DKI Jakarta, Gunung Puteri Bogor dan Bekasi.

Posko didirikan di lokasi terdampak dan Banser NU langsung melakukan assessment lokasi dan evakuasi pada korban bencana untuk mendapatkan bantuan baik logistic, kesehatan maupun pelayanan kemanusiaan yang lain.

“Banser NU bersinergi dengan BNPB dan juga aparat terkait untuk penanganan pelayanan publik ini” jelas Dendy Zuhairil Finsa, Sekretaris Wilayah GP Ansor DKI Jakarta.

Ia yang juga ikut bergabung bersama tim Banser Tanggap Bencana terjun ke lapangan membantu masyarakat terdampak.

Posko yang didirikan GP Ansor ini meliputi pusat informasi dan juga penampungan bantuan dari masyarakat yang ingin turut partisipasi membantu korban.

Dengan kolaborasi bersama aparat, Banser NU melakukan proses penyelamatan di titik bencana Ciberang Lebak Provinsi Banten, Kalideres, Cengkareng dan Grogol Petamburan Jakarta Barat, Pulogadung dan Cawang Jakarta Timur, Tanah Abang Jakarta Pusat, Kemang dan Jagakarsa Jakarta Selatan, Villa Nusa Indah di Bogor dan Bekasi, dan juga di Bantaran Ciliwung wilayah Jakarta.

Misi utama adalah melakukan evakuasi dan juga memberikan bantuan langsung pada masyarakat terkait akses dan pengawalan daerah berbahaya. Kemudian juga membagikan bantuan logistik bagi daerah terdampak.

“Evakuasi yang medannya berat dilakukan dengan perahu karet, seperti di wilayah Jakarta Barat, Selatan dan Villa Nusa Indah dimana Banser menyelamatkan bayi yang terdampak bencana banjir disana” Dendy menjelaskan.

Sesuai data dari BNPB dan BMKG, cuaca ekstrim ini masih akan berlanjut sampai tanggal 4 Januari 2020.

Sementara ini, update korban jiwa karena bencana banjir Jakarta adalah 8 korban meninggal dunia, dan 19.000 warga mengungsi.

“Ini adalah khidmah GP Ansor bagi Indonesia, posko akan kami buka dan siagakan sampai kondisi membaik dan dinyatakan aman, Banser NU akan terus mendampingi masyarakat terdampak sampai kondisi benar-benar aman," pungkas Dendy.

GP Ansor dengan Bansernya siap bantu ke lokasi korban banjir di Jakarta nu for ngopibarengidGP Ansor dengan Bansernya siap bantu ke lokasi korban banjir di Jakarta. (nu for ngopibareng.id)
GP Ansor dengan Bansernya siap bantu ke lokasi korban banjir di Jakarta nu for ngopibarengidGP Ansor dengan Bansernya siap bantu ke lokasi korban banjir di Jakarta. (nu for ngopibareng.id)
Program NU PeduliProgram NU Peduli.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Oct 2020 18:32 WIB

Ruhul Jihad Harus Tetap Digelorakan, Pesan KH Said di Hari Santri

Khazanah

Amanat khusus bagi kaum santri di pasa pandemi Covid-19

22 Oct 2020 13:34 WIB

15 Duta Pesantren Jateng Dapat Penghargaan

Nusantara

Penghargaan diberikan wakil Gubernur Jawa Tengah.

22 Oct 2020 13:04 WIB

Mantan Sekretaris MA dan Menantunya Terima Suap Rp 45,7 Miliar

Hukum

Mantan sekretaris MA Nurhadi dan menantunya didakwa terima Rp 45,7 miliar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...