Banjir,Longsor dan Puting Beliung Masih Mengancam di Februari

01 Feb 2019 15:36 Bencana

Bencana banjir, longsor dan puting beliung masih akan mengancam sepanjang bulan Februari 2019. Curah hujan berintensitas tinggi diprakirakan masih terjadi di beberapa wilayah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, curah hujan tinggi sepanjang Februari akan menerjang sebagian Aceh bagian barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa, Kalimantan Barat bagian timur laut, Kalimantan Tengah bagian utara, Sulawesi Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan bagian utara, Kalimantan Tenggara, Papua Barat dan Papua.
 

 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNP, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima ngopibareng.id, Jumat 1 Februari 2019 mengatakan, curah hujan dan kondisi tanah yang labil telah menyebabkan bencana longsor terjadi di awal Februari ini.

"Longsor sudah terjadi di Desa Medeng dan Desa Sungkung II Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat. Longsor terjadi pada Kamis pukul 21.30 WIB kemarin," kata Sutopo.

Longsor di Kalimantan Barat ini, menyebabkan tiga orang meninggal dunia, dua orang hilang dan 11 rumah tertimbun. Rumah yang tertimbun mayoritas berada di bawah lereng perbukitan.

Dari catatan BNPB, longsor juga terjadi di Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting dan Kelurahan Tikalabaru, Kecamatan Tilaka, Kota Manado Sulawesi Utara. Longsor kali ini terjadi pukul, Jumat 1 Februari 2019, pukul 08.00 WITA pagi tadi. Dua orang meninggal dunia dan beberapa rumah rusaik berat akibat kejadian ini.

Selain longsor, bencana banjir juga membuat seorang pelajar kelas 1 SMP YPPK Wiyung, Surabaya terseret arus dan masuk ke dalam gorong-gorong pada Kamis 31 Januari 2019.

Pelajar SMP ini hanyut masuk gorong-gorong setelah motor orangtuanya mogok terendam banjir. Saat itu, orang tua korban lantas mendorong motor sedangkan korban berjalan bersama adiknya.

Kemudian, korban bersama adiknya tiba-tiba terperosok masuk ke dalam sungai. Beruntung, sang adik berhasil diselamatkan warga. Namun korban tidak berhasil diselamatkan dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada malam harinya.

Sutopo mengatakan, selama bulan Januari 2019, telah terjadi 366 bencana yang menyebabkan 94 orang meninggal dan hilang, 149 orang luka-luka, 88.613 orang mengungsi dan terdampak, serta 4.013 unit rumah rusak.

 

Menurut dia, lebih dari 98 persen bencana yang terjadi pada Januari merupakan bencana hidrometeorologi. Bencana banjir dan longsor yang terjadi di Sulawesi Selatan merupakan bencana yang paling banyak menimbulkan korban meninggal dan hilang.
(man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini