Banjir Bandang Surut Warga Kembali Pulang ke Rumah

28 Jan 2019 21:36 Jawa Timur

Banjir bandang yang menerjang perumahan Graha Indah di Desa Drajat,Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Senin 28 Januari 2019, malam ini sudah surut. Cepat surutnya air banjir di karenakan hujan deras tidak lagi turun dan wilayah yang dilanda banjir dekat dengan laut sehingga luapan banjir mengalir ke laut.

"Alhamdulillah, banjir sudah surut. Sebagian besar warga sudah kembali kerumahnya masing-masing," kata Camat Paciran Fadheli Purwanto. Hanya sebagian kecil warga yang masih mengungsi ke keluarga terdekat.

Di terangkan Fadheli banjir bandang di perumahan Graha Indah menerjang sekira 170 rumah. Setelah sempat mengungsi ketempat yang lebih aman, sore hari tadi warga sudah kembali kerumahnya masing-masing karena banjir sudah surut.

"Saat kembali kerumah warga membersihkan rumahnya dari endapan lumpur sisa banjir," terangnya lagi.

Akibat terjangan banjir banjir sepanjang pagi hingga sore tadi jaringan listrik sempat dipadamkan pihak PLN namun malam ini listrik sudah kembali menyala sehingga warga bisa tenang kembali kerumahnya.

Fadheli yang memantau langsung kembalinya warga kerumahnya masing-masing memastikan warga tidak trauma dengan terjadinya banjir bandang. "Saya berpesan kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir," tandasnya lagi.

Selain banjir bandang di perumahan Griya Indah, beberapa tempat juga tergenang banjir diantaranya yaitu pasar Blimbing, kantor PKM Paciran, Ponpes Karangasem, dan kantor Kecamatan Paciran. Genangan banjir disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang turun sepanjang malam,Minggu 27 Januari 2019. Buruknya saluran drainase disepanjang jalan dendles atau jalan nasional menjadikan air meluap.

Saat ini genangan banjir tersebut sudah surut hanya di jalan niaga didepan pasar Blimbing air masih menggenang.

Sementara Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan saat dikonfirmasi tentang penanganan banjir bandang di Perumahan Graha Indah melalui WA hingga berita ini ditulis belum memberikan jawaban.

Seperti diberitakan sebelumnya banjir bandang menerjang perumahan Graha Indah pada pagi sekira pukul 9.30 WIB. Air berasal dari luapan sungai suwuk yang berada tak jauh dari wilayah setempat. Luapan air sungai Suwuk disebabkan oleh tingginya intensitas hujan yang turun enam jam lebih, selain juga Kirman air dari pegunungan paciran (tok)

Reporter/Penulis : Totok Martono
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini