Bangun Suasana Seperti di Mina, Ini Yang Dilakukan di Reuni 212

02 Dec 2018 09:15 Politik

Masyarakat yang menghadiri Reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212, yang berlangsung di Monas Minggu, 2 Desember 2018 dimanjakan dengan hadirnya ribuan makanan gratis.

Aneka roti, nasi bungkus, makanan ringan dan air mineral, dibagikan secara cuma-cuma oleh relawan dan dermawan di beberapa ruas jalan di kawasan Monas.

Peserta yang tidak membawa bekal dari rumah, tinggal memilih jenis makanan yang disukai. Tapi ada satu syarat yang harus dipenuhi bagi peserta reuni yang ikut menikmati makanan gratis tersebut, yakni pembungkus makanan harus diletakkan pada tempat sampah yang telah disediakan oleh panitia dan relawan yang khusus mengurusi sampah.

Panitia seakan ingin membangun suasana perjalanan religius dari kota Mekah ke Mina, pada musim haji atau saat melaksanakan ibadah umroh, dimana banyak makanan yang dibagikan secara gratis di tengah kerumunan massa.

Karenanya dalam reuni ini juga terlihat melimpahnya makanan seperti roti, buah segar, dan kemasan air zam-zam, yang dibagi bagikan secara gratis.
 
Mariska, seorang relawan mengatakan makanan yang dia bagikan berasal dari kantong relawan sendiri. "Ini yang bisa kami lakukan, mudah mudahan bermanfaat,"  kata Mariska.
 
Abd Latif peserta reuni PA 212  dari Tegal  mengatakan terbantu dengan adanya pos logistik yang menyediakan makanan gratis. Kalau tidak  ada betapa sulitnya mencari sarapan ditengah puluhan ribu umat manusia. 
 
Latif beserta rombongan berjumlah 62 orang menggunakan bus, dan sudah berada di Masjid Istiqlal sejak Sabtu malam 1 Desember  2018. Dirinya ke Jakarta bukan sekadar menghadiri Reuni PA 212 tapi juga untuk berekreasi. Setelah dari Monas rombongan majelis taklim Assalam Tegal ini akan mampir ke Masjid kubah emas di Depok. (asm)

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini