Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. (Foto: Istimewa)

Bandara Soetta Disemprot Cairan Disinfektan Setiap Hari

Nasional 06 March 2020 17:00 WIB

Angkasa Pura (AP) II bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten secara rutin akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di area Bandara Soetta. Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

VP of Corporate Communications PT AP II Yado Yarismano mengatakan, penyemprotan dilakukan di Terminal 3 Bandara Soetta dan Skytrain agar tidak menimbulkan rasa khawatir bagi pengunjung.

Kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan pada Jumat, 6 Maret 2020 dini hari sekira pukul 00.30 WIB. Penyemprotan cairan disinfektan ini akan dilakukan setiap hari.

"Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan setiap hari pada jam tidak sibuk atau low hours. Ini sebagai upaya mensterilkan area publik dari virus dan bakteri," ujar Yado, dikutip dari Antaranews.

Selain penyemprotan disinfektan di terminal dan skytrain, pihaknya lanjut Yado, juga melakukan pengawasan penumpang maskapai yang baru tiba dari luar negeri.

"Penumpang dari luar negeri diharuskan melalui prosedur pengisian Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card/HAC) lalu pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner dan thermo gun," tuturnya.

Sebagai langkah preventif terhadap wabah corona, PT AP II dan KKP Bandara Soetta menambah tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang. Pihaknya juga menambah lajur pemeriksaan di Teminal 3 menjadi lima.

“Pengetatan pengawasan dibutuhkan untuk memproteksi Indonesia, namun tanpa menakut-nakuti penumpang pesawat. Kami tetap memerhatikan aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan," terang Yado.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Jun 2020 19:45 WIB

Dwi Sasono Ditangkap, Polisi Kantongi Identitas Pengedar Ganja

Tokoh

Polisi kantongi identitas pengedar ganja Dwi Sasono.

01 Jun 2020 19:38 WIB

Nasib Pengrajin Patung Desa Bejijong Mojokerto di Tengah Corona

Feature

Pengrajin patung Mojokerto banyak alami kerugian karena corona.

01 Jun 2020 19:35 WIB

Lucu, AS Tuduh Zimbabwe dan China Gerakkan Gelombang Protes

Internasional

Zimbabwe panggil pulang dubesnya di Amerika Serikat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...