Bambang Soesatyo, mantan Ketua DPR RI periode 2014-2019, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua MPR RI masa bakti 2019-2024.

Bamsoet Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua MPR RI

Nasional 03 October 2019 21:31 WIB

Rapat musyawarah seluruh fraksi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk menentukan posisi Ketua MPR telah selesai. Dari 9 fraksi, 8 fraksi sepakat mendukung politikus Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua MPR RI masa bakti 2019-2024.

Selain 8 fraksi, Bamsoet juga dipastikan mendapat dukungan dari DPD. Artinya, calon Ketua MPR dari Partai Gerindra Ahmad Muzani hanya didukung oleh partainya sendiri.

Sidang paripurna ini dipimpin oleh Ketua MPR sementara, anggota dewan tertua, yakni Abdul Wahab Dalimunthe, dan Wakil Ketua MPR sementara yang merupakan anggota dewan termuda, Hillary Brigitta Lasut.

Sebelumnya, ada sepuluh nama pimpinan MPR resmi disahkan melalui musyawarah mufakat pimpinan sementara MPR dengan pimpinan fraksi MPR dan kelompok DPD.

"Berdasarkan hasil musyawarah pimpinan sementara MPR dan pimpinan fraksi MPR dan kelompok DPD telah bersepakat usulan nama-nama pimpinan MPR RI periode 2019-2024. Alhamdulillah memenuhi musyawarah telah mufakat sebagai ciri khas demokrasi Indonesia," kata Abdul Wahab.

Sepuluh nama pimpinan MPR periode 2019-2024 tersebut adalah Ahmad Basarah (PDIP), Bambang Soesatyo (Golkar), Ahmad Muzani (Gerindra), Lestari Moerdijat (NasDem), Jazilul Fawaid (PKB), Syarief Hasan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP), dan Fadel Muhammad (DPD).

Saat MPR menggelar sidang paripurna pemilihan Ketua MPR, sebanyak 383 orang yang hadir dari 711 anggota DPR, MPR, dan DPD. Itu artinya, ada sebanyak 328 orang yang absen.

Meski demikian, Ketua MPR sementara menyatakan daftar hadir telah ditandatangani 383 anggota dan kuorum telah tercapai.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan oleh Sekretariat Jenderal sampai saat ini telah hadir 383 anggota dari 711. Dengan demikian, sidang sudah memenuhi syarat untuk dibuka karena kuorum telah tercapai, demikian ketentuan pasal 66 ayat 5 peraturan MPR tahun 2019," ujar Abdul Wahab.

Sidang paripurna dibuka pukul 19.00 WIB. Satu jam kemudian, jumlah anggota yang hadir bertambah. Total ada 647 anggota hadir di sidang paripurna tersebut. Sisanya, 64 orang mangkir dari agenda tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 07:45 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Tentukan Standar Biaya Rapid Test

Nasional

Ketua MPR Bambang Soesatyo memberi perhatian atas keluhan masyarakat

03 Jul 2020 18:15 WIB

Kunjungi PBNU, Ketua MPR: Hentikan dan Hapus RUU HIP

Nasional

Sepakat rombak isi dan lakukan kajian akademik dan uji publik

20 Jun 2020 11:35 WIB

MPR RI Minta Kemendikbud Selesaikan Masalah PPDB

Nasional

Keluhan masyarakat tentang ragam persoalan dalam proses daring

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...